Jangan terkejut dengan judul yang saya tuliskan di atas. Memang pernah saya melihat seorang ibu setengah baya yang di tengah keramaian orang sedang melayani pelanggannya dari depan mau dan dari belakang pun siap. Servis layanan dijamin memuaskan pokoknya.

Ini kejadiannya waktu pergi ke kantor pos besar untuk membeli perangko pos buat koleksi bersama anak saya. Ke kantor pos di pusat kota Yogyakarta, paling nyaman tentu saja menggunakan sepeda motor saja. Jadi sampai perempatan kilometer nol segera belok kanan dan masuk ke pelatran kantor pos lewat pintu belakang. Segera motor dapat diparkirkan di halaman samping kantor pos. Nah di lokasi inilah saya melihat layanan yang saya tuliskan ini.

Waktu itu ada ibu-ibu pemilik kios yang melayani pelanggannya lewat lubang kecil di bagian belakang kiosnya. Ibu-ibu itu sebenarnya penjual majalah yang bertempat di kios yang menempel pada pagar samping kantor pos. Jadi dia harusnya melayani para pelanggannya yan g datang dari arah depan kalau membeli koran atau majalah yang dijualnya. Tetapi ternyata kios-kios itu juga menyediakan jasa penjualan amplop dan layanan membungkus paket kiriman.

Layanan amplop dan bungkus kios di samping Kantor Pos Yogyakarta

Layanan amplop dan bungkus kios di samping Kantor Pos Yogyakarta

Satu yang menarik ternyata sering pelanggannya datang dari arah dalam kantor pos. Mungkin pelanggan yang datang dari arah depan dan masuk ke gedung terlebih dahulu, kemudian baru berjalan ke samping. Ataupun pelanggan yang memang baru memerlukan sampul amplop atau layanan membungkus setelah masuk kantor pos terlebih dahulu. Daripada memutar keluar dulu untuk sampai ke depan kios yang perlu jalur cukup panjang, ternyata hal ini dapat diatasi dengan layanan lewat pagar.

Lewat lubang kecil di sela-sela pagar pembatas kios dengan halaman kantor pos, maka transaksi pun tetap dapat dilayani. Pengunjung tinggal memilih jenis amplop yang diinginkan dan bayar, selesai. Ataupun pengunjung tinggal menyerahkan barang yang mau dibungkus, setelah diberitahu harga layanan, maka tinggal tunggu sebentar maka barang akan siap terbungkus rapi. Tidak perlu harus jalan memutar jauh terlebih dahulu.

Jadi memang strategis sekali lokasi kios yang ada di situ. Sudah berada persis di tengah-tengah kota, kios pun dapat melayani dua jalur yakni depan belakang….

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s