Saya membaca di suatu artikel di Detik Online tentang cara menghilangkan aroma tidak sedap dari sepatu. Bagi saya menarik, karena terus terang saja kadang sering terganggu oleh masalah seperti ini. Hal yang jelas bukan dari sepatu yang digunakan saya sih sebenarnya, tetapi dari sepatu orang yang kadang bekerja di dekat saya. Tetapi sebenarnya soal bau kaki ini dialami oleh hampir semua orang, hanya kadar baunya yang ada cukup kuat atau sekedar menimbulkan bau saja.

Saya sendiri mengakui punya masalah dengan bau badan yang kadang muncul kalau sering berkeringat, tetapi jujur tidak masalah dengan bau kaki. Memang kadang kalau sangat berkeringat dan memakai kaos kaki terlalu lama, pastinya berbau juga. Untung saja sekarang bekerja di lab yang lebih bebas, sehingga jarang menggunakan sepatu atau kadang lebih banyak menggunakan sepatu sandal saja yang lebih terbuka.

Sepatu bikin bau tidak sedap.

Sepatu bikin bau tidak sedap.

Bagi siapa saja tentunya tidak ingin mengganggu orang lain dengan masalah bau sepatunya. Boleh saja yang bersangkutan menggunakan sepatu bagus dengan model terkini. Namun jika sepatu tersebut mengeluarkan aroma tidak sedap tentu akan mengurangi keindahannya. Terlebih jika orang tersebut punya kebiasaan untuk melepas sepatunya baik satu maupun keduana secara spontan sekedarnya saat bekerja. Kalau sudah seperti ini dapat dipastikan maka bau akan menyebar memenuhi udara. Masih mending jika ruangan tersebut memiliki pengharum udara yang baik. Jika tidak ada, maka pengharum udara di situ adalah berasal dari aroma sepatu itu. Bagi yang bersangkutan mungkin sudah terbiasa menjadi tidak masalah, namun bagi orang lain akan menjadi satu masalah besar.

Aroma tidak sedap dari sepatu bisa terjadi karena keringat dari kaki, sehingga meninggalkan bakteri di sepatu. Selain itu aroma tidak sedap juga muncul karena sepatu yang basah dan tidak segera dikeringkan. Kedua hal itulah yang juga menjadi penyebab timbulnya aroma menyengat pada sepatu.

Sepatu bau mengganggu orang lain !

Sepatu bau mengganggu orang lain !

Dari tulisan di Detik itu saya kutipkan cara agar sepatu tidak berbau. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Sepatu dibersihkan sepatu secara rutin
Untuk sepatu olahraga, sepatu dicuci menggunakan deterjen secara rutin dua minggu sekali. Bagian bawah sepatu agar disikat untuk menghilangkan kotoran dan tanah yang menempel. Namun, ada juga bahan-bahan sepatu yang tidak perlu dicuci, seperti bahan kulit dan suede. Untuk bahan tersebut, cukup dibersihkan dengan lap basah, sampai ke dalam ruang sepatu. Untuk bagian sol dapat disikat dengan sikat gigi yang telah dicelupkan ke dalam air deterjen.

2. Sepatu diangin-anginkan
Setelah membersihkan sepatu, sepatu jangan langsung memasukkannya ke dalam kotak. Sepatu diangin-anginkanlah dulu di teras rumah, namun jangan langsung dijemur di bawah matahari, karena warnanya bisa memudar dan kulit sepatu bisa terkelupas.

3. Penaburan baking soda
Kalau bau sisa keringat cukup kuat maka setelah diangin-anginkan ke dalam sepatu dapat ditaburi dengan baking soda, sampai ke dalam ruang sepatu. Penaburan ini agar dilakukan secara semalaman, agar aroma dan bakteri dalam sepatu terserap oleh baking soda. Keesokan harinya, baking soda dapat dikeluarkan lagi sampai bersih.

Bubuhkan soda kue di sepatu untuk menghilangkan bau.

Bubuhkan soda kue di sepatu untuk menghilangkan bau.

4. Penyemprotan dengan disinfektan sepatu
Kalau mau lebih efektif lagi dapat menggunakan disinfektan sepatu atau pengharum sepatu yang bisa dibeli di supermarket. Bahan ini selain dapat membunuh bakteri, disinfektan dapat mengharumkan sepatu.

5. Penggunaaan bedak kaki
Salah satu sumber bau pada sepatu adalah dari keringat pemakainya. Jadi bagi orang yang punya banyak keringat dari kaki maka dapat menggunakan cara terakhir ini. Sebelum menggunakan sepatu, kaki dapat ditaburi bedak yang dirancang khusus untuk kaki. Fungsi bedak ini untuk menyerap keringat pada kaki yang menjadi sumber aroma tidak sedap dari sepatu.

Rasanya cara-cara di atas akan efektif untuk dilakukan kalau anda merasa punya masalah dengan sepatu anda yang menimbulkan bau tidak enak.

Waspada lah pada bau sepatu...

Waspada lah pada bau sepatu...


Masalah yang paling besar adalah jika ada orang yang tidak merasa sepatunya bau dan mengganggu orang. Kalau sudah seperti ini cara yang paling baik adalah introspeksi dan mencoba langkah berikut. Pertama adalah dengan mencium sendiri sepatu yang digunakan, kalau berbau tidak enak berarti segera perlu melakukan langkah-langkah di atas. Jika belum yakin, maka coba periksa kembali kaos kaki yang digunakan. Hal ini karena sering juga penyebab bau bersumber dari keringat yang terserap di kaos kaki. Dari dua cara di atas kalau masih belum yakin juga maka cara yang lebih efektif lagi adalah dengan menanyakan ke orang dekat atau rekan kerja soal bau sepatu ini. Tetapi yang jelas jangan kemudian meminta orang dekat atau rekan kerjanya untuk mencium sepatu anda. Hehe….

Kalau sudah teratasi maka anda nyaman, kita semua pun nyaman….

Iqmal Tahir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s