Soal pemanfaatan limbah kaleng minuman sebenarnya telah diulas pada tulisan sebelumnya (baca di sini). Pada waktu menelusuri internet saya menemukan satu hal yang menarik lagi masih terkait dengan limbah kaleng ini. Lagi-lagi kreativitas yang sangat berperan untuk menciptakan dan memanfaatkan barang buangan ini menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah.

Untuk bagian kaleng yang digunakan ini adalah hanya bagian pengunci tutup kaleng saja yang dimanfaatkan untuk dikreasi kembali. Dari kait pengunci tutup kaleng ini ternyata dapat dibuat banyak sekali asesoris yang sangat menarik. Bentuk kait yang dijumpai ini relatif khas berupa lempeng datar berbentuk seperti pin bowling tetapi terdapat lubang di bagian bawahnya. Dengan bahan dasar berupa logam tipis yang mengkilat maka bagian  kait pengunci inilah menjadi sesuatu bahan baku yang dapat dikreasi secara unik.

Kalung cantik dari limbah kait limbah kaleng minuman.

Kalung cantik dari limbah kait limbah kaleng minuman.

Bagian kait ini dapat dirangkai satu dengan yang lain menggunakan kawat atau benang untuk membentuk satu produk yang diinginkan. Dengan kreativitas yang tinggi maka ternyata bahan ini dapat dibuat menjadi asesoris kalung, gelang ataupun bros. Selain itu bahan ini juga dapat digunakan menjadi produk lain yang berguna seperti dompet, tas atau wadah lainnya.

Tentu saja proses pembuatan produk-produk seperti ini tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah. Untuk itu diperlukan ketelatenan untuk mengumpulkan bahan dari buangan limbah kaleng dalam jumlah mencukupi. Bahan ini dapat diperoleh dari berbagi tempat sampah atau pemulung  yang mengumpulkan jenis sampah ini secara khusus.

Setelah diperoleh bahan dalam jumlah mencukupi, maka bagian kait ini dicuci dan diratakan jika perlu. Setelah itu kait ini siap untuk dirangkai menjadi bentuk yang diinginkan. Perangkaian kait dapat mudah dilakukan dengan memanfaatkan lubang yang telah tersedia.

Pada bagian berikut disajikan beberapa gambar yang menunjukkan contoh produk kerajinan dari bahan dasar kait pengunci kaleng minuman.

Gelang dari kait limbah kaleng minuman

Gelang dari kait limbah kaleng minuman

Gantungan kunci cantik.

Gantungan kunci cantik.

Kait logam dari limbah kaleng minuman dapat disusun secara cantik untuk berbagai jenis produk.

Kait logam dari limbah kaleng minuman dapat disusun secara cantik untuk berbagai jenis produk.

Semoga sajian tulisan ini dapat menarik minat pembaca dan mungkin berkeinginan untuk mencobanya sendiri. Selamat berkreasi.

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. […] tentang pemanfaatan limbah kaleng minuman terus berlanjut (kaleng pensil atau asesoris cantik dari limbah kaleng). Kali ini masih pemanfaatan kait tutup kaleng minuman. Bentuk yang unik dengan […]

  2. […] diolah lebih lanjut. Pada dua tulisan sebelumnya saya juga telah menyinggung soal ini,  tentang Asesoris Cantik dari Tutup Kaleng Minuman dan Tempat Pensil dari Limbah Kaleng Minuman. Untuk kali ini saya tuliskan satu jenis kerajinan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s