Kalau di sastra sudah terkenal sekali kutipan Shakespeare yang menceritakan soal nama yang dianggap tidak penting, esensinya yang lebih penting. Ungkapan itu adalah ‘Apalah artinya sebuah nama ?’ atau dalam bahasa inggrisnya ‘What is in a name?’. Jadi dimana-mana bunga mawar tentunya akan harum baunya walaupun ada yang memberi nama lain.

Di dalam dunia kimia, suatu bahan kimia ditentukan berdasarkan susunan atom-atom unsur penyusunnya. Setiap unsur yang berbeda akan memberikan jenis bahan dan sifat yang berbeda. Untuk molekul bahkan ada yang tersusun atas unsur yang sama dapat sebagai bahan yang berbeda, misal pada bahan-bahan rasemik atau unsur isomorfis. Masing-masing bahan kimia diidentifikasikan secara spesifik dengan menggunakan nomor identitas yang disebut sebagai CAS number. Tentu saja selain nomor tersebut, bahan kimia memiliki nama. Terkait soal nama inilah yang sering dikenal memiliki banyak nama.

Nama bahan kimia secara standar sering dikenal sebagai nama yang memenuhi aturan IUPAC. Dalam pemakaian praktis banyak dikenal nama lain atau sinonim, termasuk juga nama perdagangan dan nama lokal. Untuk itulah seorang kimiawan harus tahu nama-nama ini. Kalau orang non kimiawan, kalau tidak tahu ya wajar.

Tapi akan keterlaluan sekali kalau seorang terkemuka sampai harus ribut karena masalah nama bahan kimia ini. Di internet saya menemukan hasil gambar surat resmi yang terkait ini. Silakan baca dan amati sendiri.

Surat anggota dewan soal konfirmasi nama bahan kimia.

Surat anggota dewan soal konfirmasi nama bahan kimia.



Sekaligus silakan ketawa sendiri kalau mau…. Jangan salahkan anggota dewan yang meminta konfirmasi itu, karena jelas dalam hal ini dia sudah memfungsikan dirinya sebagai wakil rakyat yang baik.

Untuk kasus di atas memang air itu sudah kita kenal sehari-hari. Nama umum yang dimilikinya adalah air atau water. Struktur yang dikenal adalah H2O atau HOH. Namun siapa sangka ada juga orang yang belum tahu nama sainstifiknya yakni dihydrogen monoksida. Sekilas kalau dibandingkan dengan nama karbon monoksida memang mirip-mirip. Orang lebih kenal dengan nama karbon monoksida yang polutan dan mematikan.

Jadi memang sebaiknya kita banyak lah membaca agar tahu lebih banyak lagi nama-nama sinonim bahan kimia. Dan yang jelas jangan dihafal…. tidak bakalan keluar di ujian.

Iklan

2 responses »

  1. sura menda berkata:

    saya juga pernah nulis mengenai hal ini pak
    https://www.facebook.com/#!/note.php?note_id=101377212474
    Terasa lucu bagi yang tau memang 🙂

    • Iqmal berkata:

      hehe… soalnya itu pas gak punya ide nulis, jadinya yang keluar ya kayak gitu…. eh… omong-omong di dekat lab saya di malaysia ada tk (tadika/play group) namanya mirip lho Tadika ‘Minda Suria” jangan-jangan punya saham di sini ya ? ada fotonya lho, kalau ketemu nanti aku kirim ke inbox….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s