Di saat musim angin kencang yang terus menerus berhembus seperti ini, dikhawatirkan banyak terjadi  pohon besar yang tumbang. Apabila pohon besar berada di hutan atau di kebun yang jauh dari kawasan pemukiman maka mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Walaupun disayangkan karena untuk dapat diperoleh pohon serupa diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk menunggu pertumbuhannya. Pohon tumbang terkena angin dapat menjadi masalah jika keberadaan pohon itu di kawasan dekat pemukiman atau sebagai pohon perindang jalan. Hal ini karena dapat  menimbulkan korban ataupun kerugian akibat terkena runtuhan pohon.

Bencana pohon perindang di jalan sudah seringkali terjadi. Hal ini kadang menimbulkan korban baik luka bahkan kematian bagi orang yang kebetulan berada di sekitar pohon atau saat sedang melintas. Seringkali pohon tumbang ini juga mengakibatkan kerusakan harta benda seperti menimpa kendaraan yang lewat atau rumah yang berada di sekitar pohon tumbang tersebut.

Di Jakarta baru-baru ini dilakukan pemeriksaan puluhan pohon tua yang dilakukan oleh petugas dari suku dinas pertamanan dibantu oleh mahasiswa kehutanan dan pertanian IPB. Seperti dilaporkan oleh Detik.com bahwa pemeriksaan pohon dilakukan di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dan beberapa jalan lain.

Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.

Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.


Pemeriksaaan batang pohon tentunya harus dilakukan secara non destruktif yaitu yang tidak merusak batang pohon. Jadi bukan dengan jalan pohonnya dibor untuk mengetahui lubang sebagai indikasi batang yang keropos. Cara yang digunakan adalah dengan menggunakan peralatan ultrasonografi. Alat ini gampangnya memiliki prinsip yang sama dengan peralatan ultrasonografi (USG) untuk pemeriksaan janin pada ibu hamil. Dokter tidak perlu memeriksa ke dalam rongga perut, hanya perlu menempelkan perangkat USG yang kemudian diteliti tingkat radiasi suara yang diterima kembali. Kalau pada pemeriksaan bayi, bisa diketahui posisi, ukuran dan bahkan jenis kelamin bayi, maka kalau pada pemeriksaan batang pohon bisa digunakan untuk mengetahui keberadaan lubang pada batang pohon sebagai indikasi kerusakan pohon.

Pemeriksaan di Jakarta ini disebutkan oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menggunakan alat bernama Sylvates Duo. Alat ini dapat digunakan untuk mengetahui kesehatan pohon berdiri dengan menggunakan gelombang ultrasonik yang berdasarkan pemeriksaan keberadaan rongga atau keropos di dalam batang pohon. Dinas Pertamanan dan Pemakamam DKI Jakarta telah memeriksa sekitar 100.000 pohon di kawasan Jakarta sejak 2007.

Pohon dikatakan sehat apabila hasil pengukuran rata-rata menunjukkan kecepatan rambat gelombang ultrasonik sebesar 1.600 meter per detik. Pohon yang mempunyai nilai pengukuran di bawah 500 meter per detik dapat dikatakan rusak dan keropos sehingga perlu perawatan lebih lanjut atau sebaiknya ditebang. Pohon-pohon yang dideteksi memiliki kondisi tidak sehat akan mendapat perlakuan khusus seperti dipupuk, dipangkas batang-batangnya dan disemen batangnya untuk pemadatan.

Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.

Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.


Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.

Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.


Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.

Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.


Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.

Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.


Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.

Pemeriksaan batang pohon di Jakarta.


Dari pengalaman diungkapkan berberapa jenis pohon rentan untuk tumbang. Beberapa pohon walau terlihat  tampak kuat, setelah diteliti, ternyata pohon-pohon ini lapuk. Pada bagian dalam batang pohon ternyata kadang keropos. Contoh pohon yang saat itu diperiksa secara fisik terlihat kokoh tapi batangnya bolong adalah tanaman asam di depan Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Pohon tersebut langsung ditandai dengan cat warna merah untuk segera ditebang. Jika tidak ditebang dapat mengkhawatirkan karena saat ini banyak angin kencang.

Memang keberadaan pohon perindang ini tetap dibutuhkan. Manfaatnya banyak bisa untuk peneduh jalan, memberikan kesejukan, pabrik oksigen, menangkap air tanah dan lain-lain. Di sisi lain juga ada efek negatifnya, membuat kotoran sampah daun, tajuk pohon dapat mengganggu jalan, perakaran tanah dapat merusak struktur jalan/trotoar, ancaman dahan rontok atau malah pohon tumbang sekalian. Namun kekurangan ini bisa diatasi dengan pemilihan jenis pohon, perawatan termasuk pemeriksaan batang pohon ini. Dengan demikian ancaman-ancaman tadi bisa diatasi.

Kadang ada juga pihak yang tidak suka dengan keberadaan pohon perindang di jalan, yakni pihak pengiklan. Keberadaan pohon dapat menghalangi pemandangan guna pemasangan iklan outdor yang dipasang di jalan raya. Ada tul

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s