Hehe… judulnya menarik ya. Itu kira-kira tertarik dengan judul negeri sembilan menara kayaknya. Soal benar jumlahnya seribu atau bukan sih tidak tepat, karena saya yakin jumlahnya mungkin malah bisa lebih dari seribu kalau dihitung benar. Bagaimana ceritanya, tentu saja baca yang berikut ini sampai akhir.

Kalau mendengar istilah taman, mungkin yang tergambar dalam benak kita orang Indonesia adalah taman bunga di halaman rumah atau taman cantik berisi berbagai tanaman di halaman luas. Kalau istilah lain yang menggunakan kata taman antara lain taman ria, taman bermain, taman kanak-kanak atau taman safari. Kalau di negeri jiran, kata taman ini akan memiliki arti lain dan mungkin jauh dari pengertian yang biasa didengar di Indonesia.

Taman bunga yang cantik di Penang.

Taman bunga yang cantik di Penang.

Di beberapa kota yang saya datangi di negeri jiran ini pertama kali saya heran karena banyak orang menggunakan alamat rumah bahkan alamat kantor yang menggunakan nama taman. Laboratorium tempat kerja saya saja bertempat di satu taman yakni Taman Pengkalan Indah dan komplek sekolah saya ada di Taman Muhibah. Sewaktu tinggal pertama kali di asrama atau kolej kediaman universitas juga bertempat di tempat bernama Taman Aman. Terus berpindah ke rumah sewa yang bertempat di Taman Bukit Kayangan dan terakhir saya tinggal di Taman Muhibah.

Dalam melakukan perjalanan ke beberapa tempat, kalau berjalan pelan dan mengamati kawasan-kawasan yang dilewati, selalu juga melewati papan nama bertuliskan nama suatu taman. Bahkan banyak juga terpampang spanduk-spanduk yang mempromosikan penjualan suatu taman.

Paling menakjubkan lagi sewaktu mengeksplorasi Google Earth untuk mencari dan melihat wilayah di berbagai daerah di Malaysia sini, begitu dilihat detail wilayah maka akan muncul banyak nama taman di berbagai pelosok. Apalagi kalau di beberapa kota yang sedang tumbuh atau daerah pinggiran kota besar, tulisan yang tertera berupa nama-nama taman banyak tersebar di sana.

Banyak lokasi taman di sudut kota Kangar.

Banyak lokasi taman di sudut kota Kangar.

Jadi istilah taman di sini merujuk pada nama suatu komplek perumahan. Di Indonesia istilah ini lebih dikenal dengan penggunaan istilah perumahan saja, misalkan perumahan Kanoman, perumahan Griya Indah atau perumahan lainnya. Jadi istilah komplek perumahan, real estate, komplek ruko atau bahkan beberapa unit kapling yang jadi satu, semua di sini akan diberi sebutan taman.

Komplek ruko kalau di sini disebut sebagai rumah toko biasanya berupa bangunan berderet yang menjadi satu kompleks. Di sini juga disebut sebagai taman. Tetapi di taman yang satu ini jangan harap ada satu tempat yang berisikan tanaman-tanaman yang tumbuh rapi dan mengeluarkan bunga-bunga cantiknya. Bahkan ada beberapa yang terlihat berupa komplek bangunan yang semrawut dan ada yang kumuh segala.

Kalau taman yang berupa komplek perumahan atau real estate biasanya masih memiliki halaman di tiap rumah yang masih berisikan bunga atau tanaman hias lainnya. Kadang juga masih ada fasilitas umum berupa taman bermain untuk anak-anak. Tetapi yang benar-benar disebut taman tentunya bukan halaman atau tempat bermain tadi, melainkan keseluruhan komplek perumahan tadi.

Contoh rumah di suatu taman yang cantik.

Contoh rumah di suatu taman .

Ini pun namanya rumah di taman.

Ini pun namanya rumah di taman.

Mengingat jumlah perumahan yang ada saat ini sangat banyak, maka jumlah taman yang ada pun menjadi sangat banyak. Jadi boleh saja disebut negeri ini sebagai negeri seribu taman.

Hehe… jangan takut jadinya ya kalau setiap hari tidur di taman, bekerja di taman, cari tempat makan di taman, dan berbagai aktivitas lain pokoknya dapat dilakukan di taman nih.

3 responses »

  1. Sukadi mengatakan:

    Banyak yang bermimpi punya taman, tapi sulit atau bahkan enggan merealisasikannya, ada juga yang sudah ada taman, tapi dirubah menjadi bangunan yang tidak ada hubungannya dengan taman sama sekali..😀
    Beruntunglah yang punya taman dirumah maupun dilingkungannya🙂

    • Iqmal mengatakan:

      Hehe… ini berarti taman beneran ya mas…. memang harusnya tiap rumah ada taman yang berisi satu pohon peneduh dan berbagai tanaman hias lainnya… minimal untuk penghijauan dan kesegaran di halaman rumah. Masalahnya memang kadang halaman terbatas, khususnya kalau tinggal di perumahan….

  2. […] Ya memang lain bahasa lain istilah. Termasuk dalam hal ini teras yang ditawarkan adalah jenis suatu rumah yang umum dibangun dan dijual dalam suatu komplek perumahan di Malaysia sini. Soal nama komplek perumahan mungkin menarik untuk dibaca dari penamaannya (baca tulisannya di sini). […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s