Sewaktu banyak yang tahu saya melanjutkan studi S3 untuk mengambil pendidikan gelar doktor di Malaysia memang banyak yang bertanya-tanya. Dalam suasana hubungan sosial antara dua bangsa yang sedang agak memanas seperti ini memang menjadikan pemilihan tempat studi saya sebagai bahan pertanyaan tersendiri.

Saya sendiri hanya berpikir untuk pergi dan menempuh studi di luar negeri. Kalau alasan pergi ke luar negeri dengan beasiswa untuk pergi ke Jepang atau Eropa rasanya sudah kecil karena alasan umur yang sudah hampir kepala empat saat itu. Selain itu juga karena kemampuan bahasa Inggris yang kurang begitu bagus, jadilah negara ini sebagai satu pilihan terbaik. Kalau tetap mengambil di dalam negeri maka rasanya kurang memberikan pengalaman baru untuk karier saya.

Sekali lagi kalau ada yang bertanya mengapa memilih negeri Malaysia. Kalau sudah bosan jawaban yang paling mudah adalah karena nama saya iqMal.

Pelat nomor MAL

Pelat nomor MAL


Coba saja kalau saya harus pergi ke Jepang, maka nama saya seharusnya adalah IqPang. Atau jika harus pergi ke Australia maka nama saya adalah Iqaus. Kan jadi kurang bagus untuk didengar. Jadi pilihannya adalah Malaysia saja.

Ini website universitas saya : http://www.unimap.edu.my/

Di perpustakaan universitas.

Di perpustakaan universitas.

Di depan lab (apa ruko ya ?)

Di depan lab (apa ruko ya ?)

Semoga tidak ada yang bertanya lagi.

Di rumah sudah ada motor dengan pelat nomor IQ sih…Jadi pergi sana mungkin biar bisa punya mobil dengan plat nomor initial MAL ya …

Iqmal Tahir

2 responses »

  1. septi berkata:

    Pak Iqmal perkenalkan saya Septi, mantan mahasiswa bapak lulus tahun 2006 he2….sekarang saya bekerja di LPND Riset Pak. Saya mau tanya2 tentang sekolah di Malaysia ini, soalnya saat ini saya ada tawaran melanjutkan S2 di UTM. Jika dibandingkan dengan di Indonesia, apakah nilai lebih kuliah di Malaysia?? Masih galau ini pak mau diambil atau tidak….

    Terima kasih pak atas sharingnya….

    • Iqmal berkata:

      sip… ya kalau dapat kesempatan dan memungkinkan ya diambil saja, di UTM juga bagus kok kimia dan teknik materialnya…yang jelas kalau di sini fasilitas riset mungkin relatif lebih mudah terakses ya, jurnal, bahan kimia dan instrumetnasinya relatif lebih tersedia. Silakan ditimbang-timbang saja….
      Cari dulu pembimbing yang ada di sana, ada prof Hadi Nur, beliau juga bagus dan produktif karya2nya…

Tinggalkan Balasan

