Bagi orang Indonesia kalau diajak membeli atau mengontrak rumah di Malaysia mungkin akan merasa heran. Pertama datang ke suatu developer perumahan mungkin pertanyaan yang diajukan langsung membuat heran. Saat bertemu agen sales penjualan langsung ditawarkan apakah mau beli teras atau yang lainnya. Dalam pikiran orang Indonesia tentunya akan bingung wong mau beli rumah kok cuma ditawarkan teras rumahnya saja.

Kalau mau dapat terasnya saja wah bisa-bisa macam gelandangan saja yang tidur dan melakukan segala aktivitas di tempat terbuka. Tentunya mau beli rumah ya semuanya, ada ruang utama, ruang kamar, kamar mandi, dapur, garasi dan termasuk terasnya itu. Jadi bukan hanya terasnya saja.

Teras rumah sebagai salah satu bagian ruangan dalam rumah.

Teras rumah sebagai salah satu bagian ruangan dalam rumah.

Ya memang lain bahasa lain istilah. Termasuk dalam hal ini teras yang ditawarkan adalah jenis suatu rumah yang umum dibangun dan dijual dalam suatu komplek perumahan di Malaysia sini. Soal nama komplek perumahan mungkin menarik untuk dibaca dari penamaannya (baca tulisannya di sini).

Jadi rumah yang ada di suatu di perumahan bermacam-macam. Beberapa jenis yang paling umum ada antara lain adalah rumah banglo, rumah berkembar atau rumah teras. Rumah banglo adalah berupa satu  unit bangunan tersendiri dan terpisah satu rumah dengan rumah lainnya serta memiliki halaman di sekeliling bangunan rumah tersebut. Rumah berkembar adalah satu unit bangunan yang dijadikan dua rumah dengan bentuk relatif simetris, kedua rumah dipisahkan oleh satu tembok/dinding di bagian tengah, halaman yang tersedia hanya pada satu sisi saja. Rumah teras adalah rumah yang terletak dalam bangunan yang tersusun berderet-deret memanjang jadi satu. Jadi antara satu rumah dengan rumah tetangga sebelahnya saling menempel dengan hanya dipisahkan oleh dinding pemisah saja. Beberapa contoh jenis rumah ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Ini lho yang namanya jenis rumah teras.

Ini lho yang namanya jenis rumah teras.

 

Yang ini jenis rumah teras bertingkat.

Yang ini jenis rumah teras bertingkat.

Masing-masing jenis rumah di atas dapat berupa satu tingkat atau dua tingkat tergantung dari developer yang membangunnya. Untuk rumah teras yang dua tingkat pun demikian ada yang dua tingkat juga. Beberapa jenis rumah teras bertingkat ada yang ditawarkan untuk dijual secara terpisah untuk tingkat pertama dan tingkat kedua.

Rumah jenis lain yang ditawarkan adalah berupa dalam bangunan pencakar langit atau apartemen. Rumas jenis ini di sini disebut sebagai rumah kondo titik, jadi jangan ditambahi satu huruf lagi karena akan berbunyi menjadi rumah kondom. Memang asal nama ini dari kata kondominium. Bagi orang yang tinggal di perkotaan dan ingin memiliki privasi khusus memang sering memilih jenis rumah kondo ini sebagai alternatif pilihan untuk tempat tinggal.

Bagi orang yang ingin memiliki tempat tinggal sekaligus juga tempat usaha maka dapat memilih jenis bangunan lain yang disebut rumah kedai. Bentuk bangunan rumah kedai ini mirip dengan rumah teras hanya desain lantai bawah bukan untuk keperluan tempat tinggal. Rumah kedai ini seperti namanya ini biasanya bangunan atas untuk rumah tempat tinggal dan di bagian bawah untuk toko atau kedai berusaha. Kalau di Indonesia sering disebut sebagai ruko atau rumah toko. Beberapa rumah kedai ini banyak dipilih dan dimiliki oleh kalangan etnis cina yang memang banyak berusaha dalam bidang perniagaan. Satu hal yang unik dari bangunan deretan rumah toko ini adalah untuk unit yang berada di bagian kedua ujung-ujungnya selalu dimiliki oleh orang yang membuka usaha tempat makan. Memang untuk fasilitas bangunan di ujung ini memiliki tempat parkir dan bagian dinding terbuka yang lebih luas, jadi mungkin hal ini banyak dipilih orang untuk tempat membuka usaha rumah makan ini.

Jenis rumah berkembar.

Jenis rumah berkembar.

 

Jenis rumah banglo.

Jenis rumah banglo.

Ok jadi sekarang sudah tahu masing-masing jenis rumah. Silakan kalau mau mengontrak atau membeli rumah, sewaktu ditawarkan pilihan pada jenis teras, maka pembaca tidak bingung lagi dengan minta seluruh rumah bukan terasnya saja.

One response »

  1. […] | Baca Dari Sumber […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s