Hari ini saya lumayan menemukan sesuatu yang bisa membawa lari dari kejenuhan. Setelah sebulan lebih berkumpul dengan keluarga, dengan berat hati harus pergi lagi untuk menyelesaikan studi. Sesuatu yang pertama adalah sewaktu tidak sengaja mencari file-file publikasi lama di harddisk eksternal, malah menemukan satu lagu lama. Bukan lagu apa-apa yang fenomenal tapi mungkin bagi saya ada kenangan sendiri.

Lagi itu ketemu di folder kumpulan mp3 barat lama. Lagu yang dibawakan oleh kelompok Styx. Mungkin bagi banyak orang, Styx lebih dikenal sebagai pembawa lagu Babe, tapi bagi saya justru lagu berjudul Mr Roboto inilah yang sering yang saya dengarkan. Sewaktu saya masih SMP sekitar tahun 84an itulah saya membeli kasetnya dan memperdengarkan lagu ini. Bahkan mungkin bagi orang-orang di sekitar saya mungkin akan merasa bosan karena lagu ini diputar berulang-ulang. Play dan habis itu Rewind lagi, dan seterusnya hehe…

Domo Arigato, Mr.Roboto

 Mata ah-oo Hima de

 Domo Arigato, Mr.Roboto,

 Himutsu wo Shiri tai

Waktu itu mungkin bagi saya yang bahasa Inggrisnya kurang, maka lirik tidak terlalu menjadi fokus. Mungkin hanya musik dengan beat yang cenderung ramai sehingga menarik perhatianku untuk selalu sering menyetel lagu ini. Memang group band ini berasal dari barat, namun dalam lagu ini terasa suasana Jepang. Bahkan saya baca dari majalah Hai, majalah remaja yang popular saat itu, lagu ini memang disiapkan khusus untuk persiapan tour dari band tersebut di negeri sakura pada waktu itu.

Cover album Mr Roboto - Styx

Cover album Mr Roboto – Styx



Tampilan Mr Roboto yang sudah dihack oleh Kilroy

Tampilan Mr Roboto yang sudah dihack oleh Kilroy


Lagu ini berkisah tentang peranan robot yang humanis dan mau membantu pelarian seorang narapidana dari dalam penjara. Robot ini seharusnya bertugas di dalam penjara untuk melaksanakan kerja rutin yang ada dan bertugas sebagai tenaga penjaga penjara. Ternyata robot ini dapat dihack oleh seorang narapidana dan tubuh robot ini dapat dirasuki dirinya untuk kemudian digunakan melarikan dari dalam penjara.

Yang membuat saya senyum-senyum sendiri saat itu tentu saja adalah saat memahami lirik lagu itu untuk disesuaikan dengan jaman sekarang. Tentu saja jelas sangat ketinggalan apa yang diceritakan di lirik lagu itu. Sekarang jamannya robot dengan teknologi sangat maju, misal robot yang dikembangkan Honda. Robot ini sudah bisa menari, bergerak dengan banyak dimensi, yang masing-masing sudah diprogram menyerupai manusia dengan teknologi humanoid yang sangat canggih untuk melakukan berbagai gerakan dan kerja yang rapih serta otomatis.

Robot  itu diceritakan berotak IBM. Waktu itu mungkin prosesor pengendali komputer yang paling terkenal dan brilian memang praktis hanya itu. Jadi robot dapat dikendalikan dengan perangkat keras prosesor dan sistem operasi yang dikeluarkan pabrikan itu menjadi jaminan teknologi robot terkomputerisasi yang canggih pada jaman itu. Namun ternyata kemudian robot berteknologi canggih tersebut dapat dihack untuk kemudian dimanfaatkan oleh orang lain.

You’re wondering who I am-Machine or mannequin, with parts made in Japan, I am the modron man.

 I’ve got a secret, I’ve been hiding, under my skin, my heart is human, my blood is boiling, my brain I.B.M.

 So if you see me, acting strangely, don’t be surprised, I’m just a man who needed someone, and somewhere to hide,

I’m not a robot, without emotions-  I’m not what you see, I’ve come to help you with your problems, so we can be free

 I’m not a hero, I’m not a saviour, forget what you know,I’m just a man whose circumsatances went beyond his control,

Beyond my control- we all need control,  I need control- we all need control

 I am the Modron Man, who hides behind a mask,  So no one else can see, my true identity

Mungkin kalau jaman sekarang, teknologi robot sudah semakin maju lagi. Dengan menggunakan konsep embedded computer maka prosesor yang semakin canggih dan berukuran kecil dapat disisipkan pada teknologi robot. Tengok saja robot Asimo yang dibuat oleh perusahaan Honda. Rasanya sudah cukup banyak program yang terotomatisasi pada robot ini. Pemrograman yang didesain khusus untuk keperluan perobotan juga akan dapat memungkinkan berbagai aplikasi yang semakin humanis.

Robot Asimo hasil kreasi perusahaan Honda.

Robot Asimo hasil kreasi perusahaan Honda.

 

Berbagai gerakan otomatis robot.

Berbagai gerakan otomatis robot.

Jika kemudian ada usaha melakukan hacking program pengendali robot maka dapat dilakukan dengan program anti penyusupan. Jadi jika memang nanti robot ini digunakan kembali untuk keperluan penjagaan di penjara maka mereka akan semakin kuat. Siapa tahu ide penggunaan robot di penjara pun kiranya dapat menekan kasus peredaran dan jual beli narkoba.

Domo Arigato, Mr.Roboto, Domo…Domo

 Thank you very much, Mr.Roboto

 For doing the jobs that nobody wants to

 And thank you very much, Mr.Roboto,For helping me escape just when I needed to

 Thakn you- Thank you, Thank you

 I want to thank you,please thank you

 

I'm Kilroy ! Kilroy !

I’m Kilroy ! Kilroy !


 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s