Kemarin iseng saja membuat tulisan soal hukum Crayola yang memberikan definisi pertumbuhan jumlah warna pada produk cryaon yang berlipat setiap 28 tahun (baca di link ini). Sekarang iseng lagi kalau hukum itu ternyata tidak cocok sama sekali kalau diterapkan pada pertumbuhan warna yang bisa ditayangkan dalam komputer.

Diagram hukum crayon soal pertumbuhan jumlah warna crayon.

Diagram Hukum Crayola soal pertumbuhan jumlah warna crayon.

Kalau menggambar biasa pilihan warna terbatas hanya pada jenis warna yang dimiliki crayon atau alat gambar itu. Paling bisa juga dibantu dengan menggunakan kombinasi dua warna yang ada. Tetap sekarang soal pewarnaan ini ternyata sangat terbantu dengan lebih baik jika menggunakan bantuan komputer. Saat ini kalau soal pilihan warna yang tersedia, tentu saja jangan ditanyakan lagi. Komputer saat ini bisa menampilkan pilihan warna berjuta-juta pilihan, ibaratnya semua warna di alam relatif sudah dapat terwakili dengan menggunakan komputer. Tentu saja soal warna dengan bantuan komputer ini kalau dicoba diterapkan hukum Crayola di sini maka akan tidak berlaku lagi. Mari soal ini dapat kita lihat dari kronologis penemuan komputer dan kemampuannya untuk menampilkan warna yang ada.

Paling awal tentunya adalah penggunaan monitor satu warna atau yang dikenal dengan istilah monitor monokhrom. Selanjutnya pada tahun 1981, komputer masih menggunakan teknologi IBM CGA (Color/Graphics Adapter), warna disajikan dengan menggunakan empat warna pada ukuran 320 x 240 pixel. Saat itu semua disajikan dalam warna-warna hitam, biru cyan, merah magenta dan putih, atau dalam warna-warna hitam, merah, coklat dan hijau. Saya termasuk yang pernah menggunakan tampilan monitor dengan warna-warna seperti itu atau yang menggunakan layar monokhrom. Jadul banget pokoknya.


4 warna

4 warna


16 warna

16 warna


256 warna

256 warna


jutaan warna

jutaan warna


Setelah itu muncul era EGA yang mampu mengadopsi 16 warna. Saat itu sudah mulai muncul aplikasi Windows awal. Kemudian berkembang lagi perkembangan teknologi komputer yang dapat mengadopsi VGA (Video Graphics Array) card yang mampu mengolah 256 warna dalam ukuran 320 x 240 pixels. Selanjutnya adalah teknologi komputer sistem warna RGB 16-bit dengan jumlah warna sebanyak 65,536. Saat ini adalah 24-bit dan teknologi terakhir ini dapat memiliki kemampuan menyediakan warna sebanyak 16,777,216-tone palet.

Kalau sekarang dikembalikan ke hukum crayola tadi, kira-kira waktu yang diperlukan akan tidak sepadan dengan pertumbuhan setiap 28 tahun. Tahun 1981 muncul empat warna. Teknologi EGA dengan 16 warna harusnya akan muncul tahun 2037. Tahun 2149 baru bisa muncul teknologi VGA. Teknologi warna sistem 16 bit baru bisa muncul tahun 2373 dan yang 24 bit baru muncul sekitar tahun 2597.

Waduh rasanya untuk dapat menikmati keindahan warna kalau harus menunggu sampai selama itu, mungkin kita sudah di alam yang lain. Untunglah perkembangan teknologi komputer ini tidak selambat pertumbuhan warna yang dimiliki produk crayon.

Makanya bersyukurlah kalau komputer lama kita masih hidup dan masih bisa menampilkan warna-warni di monitor yang indah. Tidak perlu buru-buru ganti dengan yang I-5 atau I-7 dulu, hehe….

Pilihan warna standar di komputer.

Pilihan warna standar di komputer.


Pilihan warna lain sesuai selera.

Pilihan warna lain sesuai selera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s