Salah seorang keponakanku mempunyai sifat tabiat yang tergolong unik. Bagaimana tidak, yang satu ini memiliki rasa takut sendiri kalau melihat buah salak. Buah salak yang biasa dimakan oleh banyak orang justru menjadi momok yang mungkin dirasa sangat mengerikan bagi dia.

Kalau rasa takut akan sesuatu itu biasa digunakan dengan istilah phobia, berarti ketakutan akan buah salak ini boleh disebut sebagai salakphobia. Jadi keponakan saya ini boleh disebut terjangkit penyakit salakphobia ini.

Saya juga tidak tahu kok bisa-bisanya dia menjadi sangat takut dengan buah salak ini. Mungkin waktu kecil pernah mengalami trauma atau bagaimana sehingga setelah beranjak dewasa pun masih belum bisa menghapus rasa takut ini.

Kalau melihat bentuk buah salak yang kulitnya bersisik memang akan terasa aneh dibandingkan buah-buah lain. Terlebih kalau buah salak yang baru dipetik masih bergerombol dalam untaian tangkai buahnya. Buah salak ini masih memiliki duri-duri halus khususnya pada bagian pangkal buah. Oleh penjual biasanya buah salak akan dibersihkan dengan sikat untuk membuang duri-duri ini sehingga sewaktu dijual menjadi bersih dan tidak mengganggu bagi pembelinya. Meskipun sudah dibersihkan sedemikian rupa buah salak ini tetap menakutkan bagi keponakan saya ini.

Buah salak ternyata bisa menakutkan bagi seseorang.

Buah salak ternyata bisa menakutkan bagi seseorang.


Ketakutan ini mungkin bagi orang lain akan terasa lucu, karena jangankan buah salak yang masih ada kulitnya, terhadap isi buah yang sudah dikupas pun masih takut. Bahkan biji salak pun pun juga takut.

Memetik buah salak.

Ternyata tidak cuma bentuk aslinya, melihat gambar buah salak baik yang tercetak di buku atau poster misalnya, termasuk juga melihat gambar buah salak yang ada di komputer, keponakan saya ini masih takut juga. Kalau sudah demikian memang dasar sudah anti sama buah yang satu ini.

Hal yang lucu adalah kalau ada yang membeli buah salak ini, maka dapat dipastikan dia akan menghindar. Kadang malah usil untuk sekedar menakut-nakuti yang bersangkutan sampai muncul jeritan-jeritannya.

Kalau hanya di dalam rumah, maka gampang saja dia akan masuk ke kamar atau pindah ke ruangan lain yang jauh dari salak. Tetapi kalau sedang bepergian dengan menggunakan mobil dan kemudian ada yang membawa salak, maka tidak bisa tidak dia akan mati kutu selama perjalanan. Yang lain enak-enak saja makan buah salak, yang satu ini diam tidak berkutik.

Apa ada pembaca lain yang juga terjangkit salakphobia ya ? Silakan share di sini….

Ps. Masih soal salakphobia ini, mungkin anggota keluarga korban pesawat sukhoi yang menabrak gunung salak pun punya trauma yang sama. Tetapi untuk mereka lebih tepat jika digunakan istilah gunungsalakphobia. Masih belum jelas ya laporan KNKT soal kecelakaan ini? Semoga ada kejelasan.

13 responses »

  1. bu d' Ima mengatakan:

    gak cuma melihat…hidungnya aja sangat amat peka aroma salak….payah bangetlah pokoknya…. Mix,sekali-kali diajak narsis dikebon salak aja…siapa tau jadi hilang rasa takutnya..hehehe…

  2. dona mengatakan:

    wah, ada temennya,, sy juga phobia dengan salak, mulai dari baunya klo di mobil bikin mual, bentuk fisiknya, untuk memegang salak sy gak mau, apalagi mengupas belum pernah, sama bijinya juga, apalagi sama salak yang udah dirubung krongo (hewan kecil kayak lalat terbang), wah pokoknya gak bisa deket2 sm salak,, selain salak, gk suka juga dengan pisang dan nangka, tp gk separah sama salak.

    • Iqmal mengatakan:

      Besok latihan pakai asinan salak saja dulu, yang sudah dikupas dari kulitnya….
      Atau jangan-jangan enggannya karena baunya, lha salak, pisang dan nangka itu. Kalau soal bau itu jenis buah-buahan tersebut saat mengalami proses pematangan akan mengeluarkan gas etilen (semacam gas karbit) dan senyawa ester, bahan-bahan inilah yang menghasilkan aroma. Coba saja menghirup bau gas-gas tersebut, kalau juga takut, berarti memang karena keberadaan senyawa itu.

    • Salsa putri mengatakan:

      persis kyk yg gue derita

  3. Chandra mengatakan:

    Good article. I’m going through a few of these issues as well..

  4. dede mengatakan:

    Wow.. Mantaf kali Ulasannya … semoga semakin sukses …
    Usir hawa panas dan lembab rumah Anda dengan konsep ‘Green Living’; temukan koleksi tanaman dan nikmati gaya hidup green living dengan menanam tanaman buah segar atau tanaman hias nan cantik lewat blog ini, direct order dengan menyebutkan tanaman pesanan anda, http://djonlineshopping.blogspot.com/

  5. Salsa putri mengatakan:

    aku dr kecil juga takut sama buah salak,entah itu kulit,isi buahnya,sampe bijinya aku takut kadang sampe nangis kalo ada yg bawa salak ke rumah :3

  6. dari kecil w juga takut ma itu buah … pokoknya mending w tidur di luar rumah daripada di dalem rumah yg ada salaknya , bau sama bentuknya horror bagi w😥 pokoknya serem tu buah😥

    • Iqmal mengatakan:

      coba memulai dengan produk olahan salak, seperti sirup atau keripik salak….
      yang jelas ketakutan ini lebih banyak terkait dengan aspek psikologis…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s