Saya sering menemui situasi dimana harus mengambil keputusan. Memang bukan selalu keputusan yang penting, tetapi hal ini tetap harus diambil keputusan yang segera harus ditindaklanjuti. Entah terkait dengan kehidupan sehari-hari atau terkait dengan tugas dan studi saya sekarang ini.

Untuk dapat mengambil keputusan tersebut, seringkali saya hanya mendengarkan kata hari atau dengan mengambil intuisi saja. Memang tidak selalu keputusan ini tepat ataupun juga belum tentu keputusan yang saya ambil itu merupakan yang terbaik. Namun tentu saja kalau sudah diputuskan, apapun yang terjadi, memang sudah sepatutnya untuk tidak disesali. Kalaupun itu bukan keputusan yang baik niscaya ke depannya masih bisa diperbaiki atau minimal tidak untuk diulangi lagi.

Kalau untuk mengasah intuisi untuk mengambil keputusan kadang saya sering bermain Minesweeper di komputer. Kadang sering berhasil namun juga sering banyak gagalnya. Hal ini sangat dipengaruhi kondisi pikiran waktu bermain juga. Hikmahnya adalah saya pun harus dituntut untuk selalu fresh dalam berbagai situasi sehingga dapat mengambil suatu keputusan.

Sebagai orang Islam, kalau menghadapi dilema untuk pengambilan suatu keputusan biasanya dapat dibantu dengan doa khusus. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan melaksanakan sholat sunat istigharah. Dari sini dilanjutkan dengan doa yang mudah-mudahan diberikan pandangan untuk memilih keputusan yang terbaik.

Dalam kerangka manajemen, pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada. Selanjutnya dengan menggunakan analisis tertentu misal analisis SWOT maka keputusan terbaik itupun dapat dipertimbangkan.

Seperti halnya dalam game minesweeper, pertimbangan-pertimbangan selalu harus dilakukan. Dalam game ini sudah ada petunjuk jumlah ranjau yang berada di dekat kotak yang belum diketahui. Dalam analisis SWOT pun sama, faktor-faktor kekuatan dan kelemahan serta aspek peluang dan hambatan harus dipertimbangkan untuk dapat pengambilan keputusan.

Soal pengambilan keputusan ini patut juga menyimak karikatur berikut yang cukup menarik. Silakan ditarik kesimpulan sendiri saja.

Akibat kelamaan berpikir tuh....

Akibat kelamaan berpikir tuh….

Intinya menurut saya adalah dalam mengambil suatu keputusan, jangan pikir terlalu lama, segera saja diambil dan langsung dikerjakan. Bisa saja melakukan pertimbangan secara matang, tetapi karena memerlukan waktu relatif lama, maka akibatnya akan percuma. Keterlambatan pengambilan keputusan ini bisa mengakibatkan peluang dan kesempatan ini menjadi hilang atau bahkan karena lama belum memutuskan bisa jadi malah diri kita menjadi kalah.

Jadi yang penting segera diputuskan, dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan mudah-mudahan berhasil dengan sukses.

ps. Ini bukan sindiran bagi bangsa atau institusi kita yang sering sekali rapat sampai bertele-tele untuk mengambil suatu keputusan lho…

ps2. Kalau sudah kayak gini jadi ingat lagunya Cici Faramida yang jadul banget itu, “Jangan tunggu lama-lama….nanti diambil orang”. Kebetulan lagu itu juga ada versi melayunya tuh….

Iklan

2 responses »

  1. Segera mengambil keputusan itu penting sekali. Bukan berlama-lama dengan alasan pertimbangan ini dan itu, padahal yang terjadi bukan mempertimbangkan, tapi hanya takut untuk memutuskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s