Kalau para politikus supaya ingin dipilih lagi gencar berkampanye secara narsis, maka kampanye yang satu ini beda lagi. Kampanye Anti Mencontek !

Hebat lho, beberapa kampus menertibkan upaya mencegah praktek mencontek selama ujian. Langkah tidak jujur dari beberapa oknum pelajar atau mahasiswa memang harus dikurangi atau malah bahkan dihilangkan. Langkah-langkah preventif memang harus dilakukan. Oleh institusi langkah ini dapat dilakukan melalui kampanye anti mencontek.

Dilarang mencontek.

Dilarang mencontek.


Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain adalah membuat peraturan tegas dan melakukan sosialiasi. Sanksi atas pelanggaran hal ini dapat dilakukan secara jelas pada peraturan tersebut. Kemudian pada prakteknya harus ditegakkan supaya membuat jera pada oknum pelaku. Beberapa sanksi yang saya ketahui terkait ini antara lain adalah pengurangan bobot nilai, pemberian nilai E alias tidak lulus pada kuliah tersebut, pemberian sanksi larangan kuliah atau bahkan pencopotan status sebagai mahasiswa.

Kalau peraturan sudah ditegakkan tentunya akan ada efek jera. Tentu saja juga tidak akan mengakibatkan praktek yang sama menjadi berulang. Hal ini merupakan langkah yang tepat supaya mahasiswa berusaha dengan sungguh-sungguh.


Spanduk kampanye anti mencontek.

Spanduk kampanye anti mencontek.


Mencontek itu berbahaya.

Mencontek itu berbahaya.


Untuk melakukan sosialisasi peraturan anti mencontek ini ternyata dapat dilakukan dengan cukup baik. Beberapa saat sebelum musim ujian dilakukan kampanye ini mellalui pemasangan poster atau spanduk yang sesuai. Selain itu juga ada kegiatan apel atau upacara khusus untuk mengucapkan ikrar khusus untuk tidak melakukan aksi mencontek.

Beberapa spanduk dan poster anti mencontek yang cukup menarik saya berikan di bawah ini.

Kampanye lewat karangan bunga.

Kampanye lewat karangan bunga.


Poster kreatif dari kampus ITB.

Poster kreatif dari kampus ITB.


Poster kreatif dari kampus ITB.

Poster kreatif dari kampus ITB.


Anda tertarik ? Silakan contek langkah-langkah positif di atas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s