Baca berita Detik beberapa hari lalu cukup membuat rasa kagum juga. Seorang bocah laki-laki masih berumur 13 tahun, Linus Nara Pradana, telah dapat menciptakan inovasi baru yang cukup bermanfaat. Hebatnya lagi hasil ciptaannya telah akan diproduksi massal untuk dikomersialisasikan. Produknya adalah berupa helm yang apabila dipakai dapat memberikan rasa dingin bagi pemakainya. Sangat inovatif karena menggunakan bahan yang mungkin tidak terpikirkan orang lain untuk dipasangkan pada helm itu sebagai bahan pendinginnya.

Idenya timbul dari rasa kasihan setiap kali melihat ayahnya kepanasan setelah bepergian naik motor. Dari sini terpikir untuk dapat membuat helm yang dapat membuat pemakainya merasa dingin. Ide pertama adalah dengan membuat peredam panas di helm yang membuat panas siang hari dapat tertahan. Pada awalnya, pada helm diberi semacam lubang angin, namun kemudian tidak efektif. Selanjutnya, Nara terpikir untuk memberi air yang dimasukkan ke cetakan dan dipasang di bagian tertentu pada helm. Memang cukup berhasil namun helm akan menjadi lebih berat dan keberadaan air akan menimbulkan bunyi sewaktu dipaki sehingga mengurangi kenyamanan.

Inovasi berikutnya muncul setelah melihan iklan popok bayi modern. Produk ini menggunakan bahan gel sodium polyacrilat yang mampu menyerap air dalam jumlah besar. Gel yang sudah menyerap air dalam jumlah cukup besar inilah yang dipasang pada lapisan dalam helm. Helm berpendingin ini dinamakan sebagai Gel Coated Helmet. Keberadaan air dalam gel tersebut yang memberikan rasa dingin di kepala sewaktu helm dipakai.

Produk helm berpendingin

Produk helm berpendingin



Bahan soidum polyacrilate yang dapat menyerap air dalam jumlah besar.

Bahan sodium polyacrilate yang dapat menyerap air dalam jumlah besar.


Produk ini telah mendapatkan banyak penghargaan antara lain adalah dari LIPI, IEYI, dan MURI. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memberi anugerah Nara gelar National Young Inventors pada tahun 2011. Pada ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) di Thailand 2012 produk ini juga mendapatkan prestasi dengan meraih medali emas di gelaran. Nara sendiri sebagai penemunya tercatat oleh MURI mendapatkan rekor sebagai inventor termuda Indonesia.

Produk helm berpendingin ini sedang dalam tahap diproduksi masal. Kerjasama dengan salah satu produsen helm di Surabaya akan memproduksi helm ini dengan nama yang cukup unik sesuai penemunya yakni Naravation singkatan dari Nara Innovation.

Penciptanya sendiri terus melakukan inovasi. Saat ini sedang berancang-ancang menciptakan varian lainnya berupa helm yang bisa mengeluarkan suhu dingin saat terjadi benturan dengan tujuan untuk mencegah risiko gegar otak. Jadi ketika terjadi benturan, bantalan khusus akan otomatis dingin sampai 11,5 derajat celcius. Ini untuk mengompres kepala agar jangan sampai suhu naik, berfungsi untuk mengompres kepala.

Mantap juga atas hasil kreativitas Nara ini. Memang helm dibuat untuk tujuan melindungi kepala saat berkendara. Konsep aerodinamis dan safety tetap harus dijaga. Unsur kenyamanan itulah yang dimasukkan oleh Nara dalam menciptakan produk karyanya ini. Selamat.

Nara, sang inovator muda pencipta helm berpendingin.

Nara, sang inovator muda pencipta helm berpendingin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s