Upaya membersihkan gigi sudah umum dilakukan dengan melakukan kegiatan gosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari. Menggosok gigi dilakukan dengan menggunakan sikat gigi dan dibantu dengan pasta gigi untuk membantu supaya mendapatkan gigi yang bersih dan sehat. Tujuan orang menggosok gigi adalah untuk membersihkan plak-plak yang menempel pada gigi, sehingga dapat mencegah terjadinya karies dan kematian pada gigi. Ternyata saat ini diketahui banyak sekali langkah cara menggosok gigi yang masih kurang benar.

Kalau dalam blog isteri saya (baca di sini) banyak ditulis tentang berbagai cara menggosok gigi yang benar. Tetapi kalau di sini bukan soal itu yang ingin saya tuliskan melainkan soal jumlah pasta gigi yang digunakan secara efisien. Pada dasarnya orang menggunakan pasta gigi adalah tidak ada aturannya seperti halnya orang menggunakan sabun saat mandi. Pokoknya pasta gigi digunakan kemudian dilakukan langkah menggosok gigi ke seluruh bagian gigi dan kemudian berkumur bersih maka selesailah sudah. Namun terkait jumlah pasta gigi yang digunakan itu ternyata juga perlu diperhatikan bagi banyak orang.

Saya tertarik menuliskan ini berdasarkan kebiasaan saat mengoleskan pasta gigi ke permukaan sikat gigi ini seringkali mengundang keisengan sendiri. Saat pasta gigi masih baru dan belum lama dibuka dari kemasan, maka tanpa disadari sering mengoleskan pasta gigi dalam jumlah cukup banyak yakni sampai memenuhi seluruh permukaan sikat gigi. Pada waktu lain yakni saat pasta gigi menipis maka jumlah pasta gigi ini dioleskan secukupnya saja. Bahkan sewaktu pasta gigi sudah sangat tipis, saya masih berusaha untuk mengeluarkan sisa-sisa pasta gigi yang ada dengan jalan menekan kuat-kuat dari ujung merata sampai tetap ada pasta gigi yang keluar. Tentu saja pada saat ini hanya sedikit pasta gigi yang dapat digunakan untuk membantu menggosok gigi dan hal ini pun tidak masalah karena sudah pasti telah melakukan gosok gigi dan tidak minder mulut akan berbau. Jadi dirasakan kalau sebenarnya menggosok gigi dengan pasta gigi banyak atau sedikit relatif sama saja.

Jumlah takaran pasta gigi yang dioleskan pada sikat gigi.

Jumlah takaran pasta gigi yang dioleskan pada sikat gigi.



Beberapa waktu kemudian saya melakukan penelusuran di internet menemukan ada satu tanya jawab ( di link ini) terkait soal ini. Disebutkan kalau di beberapa tayangan iklan di televisi yang memperlihatkan penggunaan pasta gigi dalam jumlah cukup banyak. Pasta gigi yang dioleskan adalah penuh merata pada seluruh permukaan bulu-bulu sikat gigi bahkan sampai melengkung ke atas. Hampir kebanyakan iklan pasta gigi memang memperlihatkan orang mengoleskan pasta gigi merata sepanjang bulu-bulu sikat gigi.

Penggunaan pasta gigi dalam jumlah banyak seperti itu ternyata merupakan salah satu akal-akalan atau trik para ahli pemasaran untuk menarik konsumen supaya melakukan cara yang sama. Dengan mengoleskan pasta gigi secara merata maka konsumsi pasta gigi akan semakin banyak. Pada akhirnya pembelian pasta gigi di pasaran juga akan semakin banyak dan semakin menguntungkan klien mereka yakni para produsen pasta gigi.

Di pasaran saat ini juga banyak tersedia berbagai macam bentuk dan ukuran sikat gigi. Ada sikat gigi yang memiliki bagian berbulu yang panjang, namun ada juga yang berukuran pendek. Panjang bagian berbulu yang merupakan bagian untuk menggosok permukaan dan sela-sela gigi ini umumnya antara 1,5-3 cm tergantung jenis dan bentuk sikat gigi ini. Bahkan sekarang ada sikat gigi mekanik yang bekerja dengan listrik yang memutar bagian berbulu ini, dan untuk jenis ini maka ukuran bagian yang berbulu ini relatif lebih pendek lagi. Dengan demikian penggunaan pasta gigi yang dioleskan kalau berpedoman pada iklan-iklan di televisi itu juga akan bervariasi. Mengingat tidak ada kajian yang membuktikan jumlah pasta gigi ini terhadap efektivitas penggosokan maka dianjurkan untuk tetap bijaksana menggunakan pasta gigi dalam jumlah secukupnya saja.

Beraneka macam bentuk dan ukuran sikat gigi di pasaran.

Beraneka macam bentuk dan ukuran sikat gigi di pasaran.


Jadi kembali lagi pada pertanyaan seberapa banyak jumlah pasta gigi yang perlu dioleskan maka jawabannya adalah secukupnya saja. Jadi jika dengan sepertiga atau setengah bagian panjang permukaan bulu sikat sudah terasa berbusa dan membantu proses gosok gigi maka hal itu sudah cukup.

Nanti kalau terus ada pertanyaan terkait apakah khasiat pasta gigi lain seperti efek memberi bau wangi pada mulut atau bahkan efek fluorideuntuk kesehatan gigi maka akan tergantung dari sugesti sang pengguna sendiri. Bau mulut yang kurang sedap dapat diatasi asal kesehatan mulut lebih dijaga dengan baik seperti tidak ada gigi yang berlubang, mencegah kantung gusi yang turun atau dengan tetap rutin menggosok gigi setelah makan. Masalah bau mulut niscaya dapat dihilangkan dengan cara-cara tersebut walaupun penggunaan pasta gigi sudah dikurangi. Efek pengkayaan kandungan fluoride untuk memperkuat gigi dapat diatasi dengan pola makan yang kaya sumber mineral seperti telur,ikan, daging atau susu. Efek penyerapan fluoride melalui makanan yang kemudian didistribusikan ke dalam tubuh jauh lebih efektif daripada sekedar absorbsi fluoride pada permukaan gigi.

Kalau sudah membaca anjuran ini, silakan coba saja langkah untuk mengurangi takaran pasta gigi ini. Apapun merek pasta gigi anda. Semoga anda dapat lebih berhemat sedikit namun tetap dengan gigi dan mulut yang sehat terawat.

Kalau kemudian anda menghadapi masalah sakit gigi pastikan anda pergi ke dokter gigi, bukan terus mengganti kebiasaan untuk terus menambah takaran pasta gigi ini. Anjuran ke dokter gigi inipun rasanya juga menjadi salah satu bahan iklan para produsen pasta gigi kalau anda mengalami sakit gigi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s