Menyambung tulisan saya soal kreativitas dalam hal mencontek, maka bagian ini adalah kreativitas untuk anti mencontek. Kreativitas seperti inilah yang mungkin dapat diadopsi oleh para guru atau dosen supaya para muridnya tidak gemar melakukan kegiatan mencontek.

Seperti halnya pada tulisan pertama yang menyajikan gambar-gambar lucu tingkah dalam melakukan aksi mencontek ini, maka ini juga ada aksi lucu untuk anti mencontek. Beberapa gambar yang dapat saya berikan seperti di bawah ini.

Dijamin tidak bisa menoleh pekerjaan teman sebelahnya

Dijamin tidak bisa menoleh pekerjaan teman sebelahnya

Perlu teropong supaya dapat mencontek nih.

Perlu teropong supaya dapat mencontek nih.

Gambar-gambar yang saya tunjukkan memang dapat mencegah langkah murid untuk mencontek. Namun sepertinya hal itu terlalu berlebihan dan kurang mencerminkan aspek pendidikan. Untuk itu ada beberapa sedikit saran yang mungkin dapat diterapkan. Beberapa langkah merupakan yang saya lakukan, ada juga dari pengalaman rekan kerja ataupun mungkin pemikiran lain.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalisir aksi mencontek selama ujian yang dilakukan guru atau dosen :

  1. Menyampaikan peraturan atau janji kuliah di awal pertemuan, salah satunya sanksi kalau mahasiswa melakukan kegiatan mencontek dalam ujian atau copy paste dalam mengerjakan tugas.
  2. Membuat soal ujian yang bervariasi dan memerlukan analisis oleh mahasiswa yang unik sehingga tidak mungkin jawaban mahasiswa bisa sama persis.
  3. Membagikan soal yang tidak sama kepada peserta.
  4. Ada dosen yang membuat soal dalam jumlah relative banyak sehingga menuntut mahasiswa menghabiskan waktu ujian secara penuh untuk berkutat mengerjakan ujian.
  5. Mengawasi langsung pelaksanaan ujian.
  6. Ada dosen yang memasang kamera pengawas dan merekam situasi dalam kelas.
  7. Untuk ujian yang bersifat open book, mahasiswa dilarang meminjam catatan atau buku milik temannya.
  8. Melarang penggunaan alat komunikasi seperti hp atau laptop. Untuk kasus ujian yang memperbolehkan membawa laptop maka sarana komunikasi harus dilarang keras seperti chatting via Yahoo Messenger, Skype, Facebook, dan lain-lain.
  9. Melarang mahasiswa mengenakan topi, jaket atau asesoris yang tidak sepantasnya dalam ruang ujian.
  10. Melarang mahasiswa keluar dari ruang ujian

Mungkin ada yang mau menambahkan lainnya ?

Saya malah menemukan satu langkah unik lainnya dari satu blog (link). Ujian memang bukan hanya untuk pelajaran atau kuliah teori saja, namun untuk praktikum juga ada. Bentuk kreativitas anti contek pada praktikum inilah yang diterapkan di sana. Menarik juga dengan memberikan materi soal yang tidak sama untuk diselesaikan setiap peserta.

Suasana ujian praktikum atau responsi yang mengantisipasi aksi mencontek

Suasana ujian praktikum atau responsi yang mengantisipasi aksi mencontek

Silakan selalu berkreativitas.

Iklan

4 responses »

  1. pak deden berkata:

    Saya pernah menerapkan penggunaan CCTV/webcam untuk mengawasi ujian MK yang saya ampu. Sebelumnya mhs sy kasih informasi kalau pada saat ujian tidak akan diawasi oleh pengawas, tapi saya akan tahu siapa yang berbuat curang. Walaupun mereka tidak tahu di mana webcam saya pasang tapi hasilnya lumayan ampuh. Tidak satupun peserta yang mencontek walaupun semua pengawas saya minta keluar ruang ujian.

  2. Jelliarko berkata:

    Kalau saya jadi dosen (angan-angan), saya berikan ujian open book. Sak karepmu arep nggowo buku opo, sebanyak-banyaknya siswa bisa bawa kedalam ruang ujian. Soal ujian berupa studi kasus yang diadaptasi dari jurnal-jurnal ilmiah. Tidak ada jawaban yang sifatnya benar mutlak, tapi penilaian berdasarkan analisis logis siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s