Rabu, 17 Desember 2008
Mengikuti seminar dan presentasi pada Seminar Computer Aided Drug Design 2008 yang diselenggarakan oleh IPHARM-USM di Vistana Hotel, Penang.

(Note : Harusnya ulang tahun tuh,  malah seminar ilmiah.  Tapi ya sama-sama, kumpul dengan orang banyak, makan enak di hotel, ada banyak tepuk tangan, dan ada foto-foto juga.)

Jumat, 5 Desember 2008
Berkunjung ke Laboratorium Analisis – Kedah Bioresourceds Corporation SDN. BHD di Techno centre, Kulim Hi-Tech Park, Kedah.

Kamis, 27 November 2008
Mengikuti presentasi / promosi High Performance Thin Layered Chromatography (HPTLC)  oleh Ms. Rowyna Kueh (CAMAG – DKSH Malaysia) di Klaster Penyelidikan Sensor, UniMAP, Kangar.

Rabu, 26 November 2008
Berpartisipasi pada half-day seminar Mahasiswa Post Graduate UNIMAP yang diselenggarakan oleh The Unit of Postgraduate Studies UNIMAP dengan sponsor dari UniMAP dan MOSTI (NSF) di Kangar Perlis Malaysia.

Senin, 24 November 2008
Menghadiri General Lecture dengan topik  “Sustainable Development of a University – the roles of academicians, administrative staff, students and community-at-large” oleh Prof. Anis Bajarektarevic – Austria yang diselenggarakan oleh Pusat Hal Ehwal Antarabangsa UniMAPbertempat di Dewan Keikhlasan, Tingkat 10 Bangunan KWSP, Kangar.

Sabtu, 15 November 2008
Berkunjung ke Scientific Expo – The Ministry of Science, Technology and Innovation (MOSTI) di Hall Dewan 2020 Kangar Perlis Malaysia.

Kamis, 13 November 2008
Mengikuti training instrumentasi spektroskopi UV – Varian di Klaster Penyelidikan Sensor, Taman Pengkalan Indah, Kangar Perlis Malaysia.

Rabu, 5 November 2008
Berbarengan setelah acara training, menjadi pembicara dengan topik Pengelolaan Sampah Untuk Antisipasi Pemanasan Global di Auditorium Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. Acara diselenggarakan dalam rangka Hari Persatuan Nasional Jerman 08 dengan tema “Pengelolaan Lingkungan Perkotaan: Hutan, Air dan Sampah”. Judul makalah yang disajikan adalah Pengelolaan Sampah Domestik dalam Kaitannya dengan Tata Kota Berwawasan Lingkungan.

Link terkait :

1. Kedaulatan Rakyat 7 Nov 2008 (klik link)

2. Kompas elektronik 6 Des 2008 (klik link)

Rabu, 5 November 2008
Berpartisipasi pada Trainning Safety in Scuba Diving (Pustek UGM) di Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta.

Senin, 3-5 November 2008
Mengikuti Pelatihan Penjaminan Mutu Riset bidang Kimia dan Kesehatan – Proyek PHK-I tahun 2008 di Auditorium LPPT UGM.

Selasa, 21 Oktober 2008
Mengikuti kuliah umum Prof. Michael Matthies dari University of Osnabruck – Germany tentang System Analytical Aspect of Environmental Modelling, yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia FMIPA UGM.

Selasa, 14 Oktober 2008
Menjadi reviewer usulan Proposal Grant Karya Inovasi UGM 2008 bidang Sainstek bersama Prof. Dr. Djamasri dan Deni Pranowo, M.Si. dengan nominasi proposal sebanyak 9 usulan dari fakultas MIPA, Geografi, Teknik dan Biologi. Presentasi dan seleksi bertempat di R Sidang LPPM, Gd Pusat UGM.

Kamis, 9 Oktober 2008
Menghadiri Workshop Scientific Diving Workshop dan Peresmian Masyarakat Penyelaman Ilmiah – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Acara diselenggarakan oleh Pusat Studi Sumber daya dan Teknologi Kelautan UGM dan bertempat di R Sidang LPPM, Gd Pusat UGM.

Sabtu, 20 September 2008
Menjadi salah satu narasumber untuk penulisan proposal PKM dari mahasiswa UGM pada kegiatan BAWS – Program PPKB UGM.

Kamis, 28 Agustus 2008
Menghadiri Seminar Hasil Penelitian Hi Link dalam rangka Research Week UGM yang diselenggarakan LPPM UGM bertempat di Grha Sabha Permana UGM.

Selasa, 26 Agustus 2008
Berpartisipasi pada Seminar Hasil Penelitian Lintas Klaster, LPPM UGM dengan kontribusi anggota peneliti untuk klaster sains dan teknologi untuk makalah (1) bersama Wijaya, K., Pradipta, M.F., dan Naniek, dan makalah (2) bersama Roto.

Jumat-Sabtu, 22-23 Agustus 2008
Menjadi trainer untuk INDES – School of Development pada  DIKLAT Pengelolaan Sampah Perkotaan. Diklat bertempat di hotel Inna Garuda Yogyakarta. Narasumber lain : Dr. Tutik Dwi Wahyuningsih, M.Si. Materi saya meliputi tiga sesi tentang
1. Pengenalan Karakteristik sampah dan metoda pembuangannya
2. Program reduce, reuse dan recycle (3R) sebagai pengelolaan persampahan
3. Mengembangkan teknologi pengelolaan sampah yang lebih bersahabat lingkungan.

Rabu, 30 Juli 2008
Menjadi Pembimbing Lapangan pada Pelatihan Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Limbah B3, Angkatan ke 8, yang diselenggarakan oleh PSLH UGM. Praktek lapangan dilaksanakan di pabrik gula PT Madubaru – Madukismo, Yogyakarta

Kamis, 17-19 Juli 2008
Menjadi instruktur lapangan pada Pelatihan Audit Lingkungan Angkatan ke 13, PSLH UGM, Yogyakarta. Latihan audit lingkungan dilaksanakan bertempat di UPT Balai Besar Kulit, Piyungan dan UKM batik Bu Dirjo, Pajangan Bantul.

10 Juli 2008
Sebagai panitia dan pemakalah pada Seminar Nasional Kimia XVIII, yang diselenggarakan di Auditorium FMIPA UGM. Makalah yang disajikan adalah :
1. Analisis Spektra Transisi Elektronik Senyawa Tabir Surya Homosalat Pada Konfigurasi Bentuk Dimer dan Solut-Solven (oral)
2. Kajian Penggunaan Limbah Buah Nenas Lokal (Ananas comosus, L.) sebagai Bahan Baku Pembuatan Nata (poster)
3. Pemanfaatan Abu Tandan Kosong Pada pembuatan Biodiesel dari Minyak Jarak Ricinnus communis (poster oleh Uki Yitnowati)
4. Pemanfaatan Abu Tandan Kosong Sawit sebagai Katalis pada Transesterifikasi Minyak Sawit : Pengaruh Temperatur dan Kecepatan Pengadukan (poster oleh Asna Lutfiyanti)

Senin, 14-15 Juli 2008
Menyelenggarakan dan berpartisipasi pada Workshop Kimia Komputasi : DFT : Concepts and Its Application, yang diselenggarakan di Laboratorium Kimia Komputasi AIC-UGM, dengan narasumber Prof. Majid Monajjemi dari Tehran – Iran.S

Selasa, 10-11 Juni 2008
Menjadi narasumber pada Pelatihan Pengelolaan Limbah yang diselenggarakan atas kerjasama PSLH UGM dan PT Karisma Daya Utama. Bertempat di Ibis Hotel Yogyakarta. Narasumber lain : Dr. Nurul Hidayat Aprilita, M.Si. Materi yang disajikan (1) Manajemen Pengelolaan Limbah B3 dan (2) Limbah Radioaktif dan Pengelolaannya.

Selasa, 3 Juni 2008
menjadi salah satu pemakalah  Workshop Jurusan Kimia, FMIPA UGM untuk materi Pedoman Tugas Akhir Terpadu (D3, S1, S2 dan S3) di FMIPA UGM.

Jumat, 30 Mei 2008
Menyampaikan Sosialisasi Program Pengelolaan Sampah Kampus UGM di FMIPA UGM dengan topik Pengelolaan Sampah Kampus UGM di Lingkungan Klaster Sains.

Selasa, 20 Mei 2008
Menjadi pendamping  pada acara  Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pelatihan Pembuatan Proposal, Lembaga Studi Inter Sains BEM FMIPA UGM,  serta menjadi narasumber dengan judul makalah Penyusunan Proposal PKM 2008 yang Unggul dan Layak.

Senin, 19 Mei 2008
Mengisi Kuliah Umum Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI) Cabang Yogyakarta, FKH UGM tentang Manajemen Limbah Klinik Hewan (Veterinary) bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Pembicara lain : Dr. Suwijiyo Pramono.

Senin, 10 Mei 2008
Menjadi motivator mahasiswa pada Training Kepenulisan dan Publikasi ilmiah, Lembaga Studi Inter Sains BEM FMIPA UGM, dengan topik Peluang Mahasiswa Untuk Menulis pada Jurnal Ilmiah.

Rabu, 16 April 2008
Menjadi pembicara tamu pada RAKERDA PKK Kabupaten Bantul 2008 dengan topik ‘Peranan PKK dalam Antisipasi Global Warming’, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul.

Sabtu, 16 Februari 2008
Mengisi pelatihan Manajemen Laboratorium Tipe B bagi mahasiswa Jurusan Kimia guna pembekalan mahasiswa siap melaksanakan tugas akhir/skripsi. Pelatihan bertempat di Ruang Multimedia FMIPA UGM.

Sabtu, 9 Februari 2008
Mengisi pelatihan Manajemen Laboratorium Tipe A bagi mahasiswa Jurusan Kimia angkatan 2007 di Ruang Multimedia FMIPA UGM.

Senin, 23 Januari 2008
Sebagai peserta pada Seminar ” Seeing The Global Change of Earth from Space”, PS Magister Administrasi Publik, Sekolah Pasca Sarjana UGM, Yogyakarta

Senin, 23 Januari 2008
Mengisi pelatihan Manajemen Laboratorium bagi mahasiswa S2 Program Beasiswa Departemen Agama RI bidang ilmu Kimia di Ruang Multimedia dan AIC FMIPA UGM.

8 Januari 2008
Menjadi narasumber pada Pelatihan Sistem Pengelolaan Limbah Laboratorium, Kerjasama LPPT UGM dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan, Departemen Kesehatan RI, di Balai Besar POM DIY. Pembicara bersama Dr. Endang Tri Wahyuni, M.S.

Tinggalkan komentar