Tahun 2006

13 Desember 2006
Mempresentasikan hasil kegiatan berjudul Kajian Pengelolaan Sampah Domestik Berbasis Partisipasi Masyarakat di Bobosan Kab. Banyumas, pada Seminar Pengelolaan Sampah Domestik. Seminar diselenggarakan oleh Balitbang Telematika dan Arsip Daerah PEMDA Kabupaten Banyumas, Purwokerto.

27 September 2006
Mengikuti dan berperan aktif sebagai peserta pada Sarasehan Nasional Kearifan Lingkungan, PPLH-Regional Jawa, PSLH-UGM dan PSK UGM, Yogyakarta

23 September 2006
Bertugas sebagai reviewer internal pada seleksi proposal Program Kreativitas Mahasiswa untuk Klaster Sains dan Teknologi UGM, Yogyakarta

16 September 2006
Mempresentasikan makalah secara oral pada Seminar Nasional Kimia yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) di Hotel Dinasty Purwokerto, dengan judul makalah Hubungan Kuantitatif Stuktur Molekul Dan Entalpi Penguapan 94 Senyawa Organik.

3-4 September 2006
Menyampaikan presentasi hasil kegiatan pada Teknologi Pengolahan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3), Pelatihan Fasilitasi Teknologi Ramah Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Pemda Banyumas, Purwokerto. Tim UGM terdiri dari : Dr. Eko Sugiharto, Drs. Iqmal Tahir, M.Si., Himmatul Aina dan Cristallyna Tantri.

25 Agustus 2006
Sebagai peserta pada Seminar Biosafety Untuk Laboratorium Mikrobiologi, Produk Pangan dan Rumah Sakit, PT Merck Tbk Indonesia, dan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia, Solo

21-24 Agustus 2006
Mewakili tim editor pengelola Indonesian Journal of Chemistry pada Pelatihan Pengelolaan Jurnal Untuk Meningkatkan Akreditasi Se-Jawa, Bali dan Sumatera, yang diselenggarakan atas kerjasama Dirjen DIKTI dan Jurnal Hayati IPB, bertempat di Wisma Diklat Depdiknas, Cipayung, Bogor.

7-12 Agustus 2006
Sebagai salah satu narasumber pada Pelatihan Pengendalian Pencemaran Lingkungan Angkatan ke 8, yang diselenggarakan oleh PSLH UGM, Yogyakarta. Materi topik tentang Pengelolaan Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) guna Pengendalian Lingkungan

3 Agustus 2006
Sebagai peserta aktif pada Lokakarya Basic Academic Writing Skills yang diselenggarakan oleh Program DUE Like UGM, Jogjakarta

31 Juli 2006
Diundang mewakili Fakultas MIPA UGM pada Pelatihan Training of Trainer Success Skill 2006, Program DUE Like UGM, Jogjakarta. Pelatihan bertempat di Gedung Sekolah Pasca Sarjana UGM.

4 Juli 2006
Sebagai peserta aktif pada Lokakarya Pembenahan Materi Perkuliahan Bidang MIPA di Luar Fakultas MIPA UGM, FMIPA UGM, Yogyakarta

26-28 Juni 2006
Diundang sebagai nara sumber mewakili PSLH UGM yang terdiri dari Dr. Eko Sugiharto, Drs. Iqmal Tahir dan Dra. Endang Astuti pada kegiatan Diklat Pengelolaan dan Pengendalian Limbah B3, PPPG Kesenian. Peserta terdiri dari para staf dan teknisi laboratorium bengkel kerja di PPPG Kesenian. Materi yang dibawakan saya berjudul :

  1. Sistem Informasi Bahan Kimia di dalam Pengelolaan B3
  2. Teknik Pelabelan Bahan Kimia dalam Pengelolaan B3

25 Juni 2006
Diminta sebagai salah satu juri pada Lomba Penulisan Essai Ilmiah “ Era Baru Sains dan Teknologi Indonesia”, Kajian Interdisipliner Nasional, FMIPA UGM, Yogyakarta

22-24 Mei 2006
Terpilih untuk diundang sebagai peserta pada Pelatihan Drafting Aplikasi HKI, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UGM, Yogyakarta

8 Mei 2006
Mengikuti Seminar dan Diskusi Panel SUTET dan Lingkungan dan Aspek Hukum, Sosial, Ekonomi dan Kesehatan, PSLH-UGM, Yogyakarta

26 April 2006
Diundang sebagai plennary speaker pada Seminar Kimia Regional DIY, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan judul makalah Mengaktifkan Riset Mahasiswa Sesuai Trend Riset Kimia Terkini Dengan Nilai Dan Budaya Islam Sebagai Sumber Inspirasi.

22 April 2006
Diundang Lembaga Studi Inter Sains BEM FMIPA UGM sebagai nara sumber untuk kegiatan Pelatihan Metodologi Riset dengan topik Langkah Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan diselenggarakan di Ruang B1.02 atas panitia LSIS FMIPA UGM.

9 Maret 2006
Berperan aktif sebagai presenter pada Seminar Nasional Kimia XVIII oleh Jurusan Kimia FMIPA UGM, Yogyakarta. Terdapat beberapa makalah dengan judul

  1. Analisis Spektra Transisi Elektronik Senyawa Tabir Surya Avobenzon Dan Oksibenzon Melalui Kajian Interasi Dengan Pelarut Etanol (oral).
  2. Pengaruh Logam Molibdenum, Nikel dan Molekul Air terhadap Struktur Zeolit Shell-1,5 dan Shell-2,0 : Kajian Teoritis dengan Menggunakan Metoda Ab Initio (oral oleh Dr. Ria Armunanto).

Tahun 2005

20-21 Desember 2005
Sebagai salah satu instruktur pada Pelatihan Manajemen Laboratorium Kimia Tipe B Angkatan XI, Jurusan Kimia UGM, Yogyakarta 2005

17 Desember 2005
Sebagai Ketua panitia dan ikut mengisi materi pada kegiatan Workshop Pengelolaan dan Proyek SP4-PCPT Lab. Kimia Dasar UGM, Yogyakarta tentang Manajemen Pengelolaan B3 Melalui Pemanfaatan MSDS.

7 Desember 2005
Sebagai salah satu nara sumber pada Pelatihan Manajemen Laboratorium Teknisi Laboratorium, Kantor Direktorat SDM UGM

26-27 November 2005
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Success Skill Mahasiswa FMIPA UGM 2004, Program DUE-LIke UGM, Yogyakarta

24-28 Oktober 2005
Sebagai peserta aktif pada Pelatihan Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dan e-Learning di FMIPA, FMIPA UGM, Yogyakarta

24 September 2005
Berperan aktif sebagai panitia dan penyaji makalah pada Seminar Nasional Kimia XVII oleh Jurusan Kimia FMIPA UGM, Yogyakarta. Terdapat beberapa makalah dengan judul

  1. Introduksi Materi Etika Peneliti Pada Kuliah Metodologi Penelitian Kimia Melalui Diskusi Scientific Movie “Shark Attack” (oral).
  2. Model KKN Tematik Berbasis Pemanfaatan Bahan Alam Zeolit Sebagai Alternatif Aplikasi Nyata Ilmu Kimia Pada Masyarakat (oral oleh Deni Pranowo, M.Si.).
  3. Impelementasi Budaya K3 dan Inovasi Materi Berbasis Kompetensi pada Praktikum Tahun Pertama bagi Mahasiswa di UGM (oral oleh Dr. Nuryono).

17 September 2005
Menyajikan makalah pada Seminar Dies Natalis FMIPA UGM, yang diselenggarakan di Auditorium FMIPA UGM, Yogyakarta. Makalah yang disajikan meliputi :

  1. Analisis Spektra Transisi Elektronik Beberapa Senyawa Tabir Surya Akibat Pengaruh Interaksi Ikatan Hidrogen Pada Konfigurasi Dimer (oral).
  2. Pengaruh Jenis Air Pada Pembuatan Minyak Kelapa Dengan Metode Penggaraman (oral).
  3. Karbon Aktif Berbasis Tempurung Kelapa Sebagai Adsorben Dalam Proses Penjernihan Virgin Coconut Oil dengan Aktivator (NH4)HCO3 (oral oleh Indah Subadra).
  4. Fotodegradasi Zat Warna Methyl Orange Menggunakan Fe2O3-Montmorillonite dan Sinar Ultraviolet (oral oleh Yuni Damayanti).

15-16 September 2005
Menyajikan makalah pada Regional Conference on Pharmaceutical and Biomedical Analysis, Bandung , yang diselenggarakan oleh Sekolah Farmasi ITB dan bertempat di Aula Barat ITB Bandung. Makalah yang disajikan berjudul :

  1. Photosensitivity Analysis Of Fluoroquinolone Antibacterial Compounds Based On Electronic Transitions Data And HOMO-LUMO Energy Band Gap (oral).
  2. QSAR Analysis Of Fungicides Having 1,2,4-Thiadiazoline Structure Based On Molecular Parameters Calculated Using Semi-Empirical Method PM3 (poster oleh Dr Mudasir).

10 September 2005
Mengikuti Lokakarya Revitalisasi Kurikulum FMIPA dalam rangka Internasionaliasi Pendidikan, yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis FMIPA UGM, Yogyakarta

8 September 2005
Sebagai peserta pada Workshop Computational Sciences 2K5, yang diselenggarakan oleh Grup Komputasi Indonesia dan bertempat di FMIPA UGM. Ada dua makalah yang disajikan oleh mahasiswa bimbingan saya dengan judul :

  1. Analisis Sifat Non Linear Optics dari Beberapa Senyawa Organik berkhromofor dengan Metoda Semiempirik (oral oleh Alif Juman).
  2. Penggunaan Teknik Principal Component Regression Pada Analisis Hubungan Kuantitatif Struktur-Aktivitas Antioksidan Senyawa Turunan Flavon/Flavonol (oral oleh Nita Susanti).

12 Agustus 2005 2005
Mengikuti Seminar Chromatography Today, yang diselenggarakan oleh PT Merck Tbk Indonesia, di hotel Santika, Semarang

1 – 10 Agustus 2005
Sebagai peserta aktif pada Pelatihan Bimbingan Teknis Penyusunan Sistem Mutu Laboratorium sesuai SNI 90-17025 (Level 1-2), Bapepalda, Yogyakarta

2 Agustus 2005
Sebagai peserta pada Seminar Trends and Applications of Bioceramics, Lembaga Penelitian UGM, Yogyakarta

29 Juni 2005
Sebagai panitia dan ikut berpartisipasi aktif pada Lokakarya Pembelajaran Ilmu Kimia Tahun Pertama di UGM, Proyek SP4/PCPT Laboratorium Kimia Dasar UGM, Yogyakarta

25 Juni 2005
Sebagai peserta pada Seminar Nasional Sains dan Teknologi Computer Tomography 2005, LSIS BEM FMIPA UGM. Kegiatan bertempat di Auditorium MM UGM, Yogyakarta

21 Juni 2005
Sebagai ketua panitia pada kegiatan Pelatihan Manajemen Laboratorium Teknisi Laboratorium Kimia, Proyek SP4/PCPT Laboratorium Kimia Dasar UGM, Yogyakarta. Pada kegiatan ini juga menyampaikan materi tentang Teknik Penelusuran dan Pemahaman MSDS guna Menunjang Aktivitas Rutin Teknisi di Laboratorium Kimia.

14 Mei 2005
Memberikan kuliah umum Kimia Komputasi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jogjakarta. Topik yang disajikan adalah Aplikasi pemodelan Khemometrik pada Riset QSAR/QSPR.

22 April 2005
Memberikan pembekalan pada kegiatan Pelatihan Metodologi Riset Lembaga Studi Inter Sains BEM FMIPA UGM, Jogjakarta, dengan topik materi berjudul Penyusunan Proposal Riset Ilmiah yang Berkualitas.

16 April 2005
Diundang untuk menyajikan makalah tamu pada acara Olimpiade Kimia Nasional, yang diselenggarakan di FMIPA UGM Jogjakarta, dengan topik Menggali Kreativitas Riset Ilmiah Remaja yang Beretika : Studi Kasus Film Shark Attack.

17 September 2005
Menyajikan makalah pada Seminar Nasional Kimia XVI, Yogyakarta, yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia FMIPA UGM, Yogyakarta. Makalah yang disajikan meliputi :

  1. Analisis Hubungan Kuantitatif Struktur Elektronik dan Aktivitas Senyawa Benzensulfonilamida dengan Teknik Pemisahan Data Cara Acak (oral).
  2. Fe2O3-Montmorilonit Sebagai Adsorben Kation Logam Cd (II) (oral oleh Repi Erita).
  3. Fotodegradasi Zat Pewarna Methyl Red Menggunakan Katalis Fe2O3-Montmorilonit dan Sinar UV (oral oleh Iffa Susmanto).
  4. Hubungan Kuantitatif Struktur Sifat Terhadap Suhu Transisi Gelas Turunan Poli(Asam Akrilat) Berdasarkan Deskriptor Teoritik (oral oleh Anggit Wirasto).
  5. Kajian Pengaruh Substituen Terhadap Geometri Molekul Kompleks Na+.(B15C5) Menggunakan metode Semiempirik MNDO/d (oral oleh Dr. Harno Dwi Pranowo).

12-13 April 2005
Sebagai salah satu nara sumber pada kegiatan Pelatihan Kimia Komputasi : “Analisis QSAR Menggunakan Deskriptor Teoritik”, AIC-UGM, Jogjakarta. Topik materi yang disajikan adalah Teknik Statistik dalam Analisis QSAR.

17-18 Maret 2005
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Manajemen Laboratorium Kimia Tipe B Angkatan X, Jurusan Kimia UGM, Yogyakarta

19 Januari 2005
Diundang untuk memberikan kuliah umum di Jurusan Kimia Unsoed tentang Litbang Senyawa-Senyawa Penyerap Sinar Ultra Violet Turunan Senyawa Alkil Sinamat : Kasus Kolaborasi Riset Kimia Komputasi Dan Kimia Eksperimen. Kuliah Umum Kimia Komputasi ini dilaksanakan atas kerjasama AIC UGM dan Jurusan Kimia PS MIPA Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto. Pembicara lain adalah Dr. Bernhard Randolf dari University of Innsbruck dan Dr Ria Armunanto dari AIC UGM.

18 Januari 2005
Sebagai peserta aktif pada Pelatihan Elisa dalam Pembelajaran, Unit Pengembangan Bahan Kuliah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PBKBTIK) UGM, Yogyakarta.

4 Januari 2005
Mengikuti Workshop Pengembangan Program KKN, Proyek DUE Like UGM.

Tinggalkan komentar