Saat musim ujian seperti ini, biasanya selalu ada saja ulah yang tidak terpuji saat siswa mengerjakan ulangan itu, yakni mencontek. Biasanya dilakukan beberapa orang yang karena tidak siap menyelesaikan soal-soal ulangan sehingga kemudian menempuh cara tak terpuji seperti ini. Memang masih ada orang yang sungguh-sungguh mempertahankan cara secara jujur untuk tidak mencontek dengan resiko nilai menjadi jatuh atau bahkan tidak lulus ujian tersebut. Namun ternyata lebih banyak lagi orang yang melakukan kegiatan ini tergantung dari besar kecilnya kegiatan mencontek yang dilakukan. Akan tetapi dimana-mana kegiatan mencontek dalam ulangan mesti adalah tindakan yang salah dan tidak jujur.

Sama-sama tidak boleh, mencontek ataupun menyontek !

Sama-sama tidak boleh, mencontek ataupun menyontek !

Mencontek ternyata kegiatan yang menuntut kreativitas sangat tinggi. Silakan saja googling dengan kata kunci “mencontek”, ternyata menghasilkan berbagai bentuk langkah mencontek yang cukup banyak. Kalau mau tertawa sekalian saja masih dengan kata kunci yang sama untuk pencarian gambar di internet. Melihat aksi-aksi mencontek dalam bentuk thumbnailnya saja sudah bikin tertawa berkepanjangan, kalau tidak puas sekalian lihat gambar penuhnya.

Saya tayangkan saja beberapa gambar-gambar yang saya lihat dari internet itu, menjadi dua tulisan. Sebagian sumber tulisan ini saya olah dari hasil mencontek blog seseorang dari sini atau dari sini. Memang tulisan itu isinya tentang beberapa teknik mencontek, lengkap dengan gambarnya. Kalau di blog ini saya jadikan dua, yakni tulisan pertama tentang tayangan kreativitas siswa atau mahasiswa untuk mencontek, sedangkan tulisan yang kedua adalah tayangan kreativitas guru atau dosen untuk mengantisipasi mahasiswa supaya tidak mencontek. Tulisan lain soal mencontek dapat dibaca di sini.

Kalau orang mencontek memang dapat diuntungkan karena sudah menerapkan prinsip ekonomi dengan baik, yakni dengan usaha sekecil-kecilnya mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Pokoknya mencontek ini adalah satu usaha yang dilakukan seseorang dengan tujuan mempermudah saat mengerjakan soal ujian atau test lainnya. Di tulisan itu disebutkan ada beberapa kreativitas mencontek dalam bentuk menyembunyikan buku di laci bangku, membuat catatan kecil pada anggota tubuh yang tersembunyi atau di kertas yang disembunyikan, melihat jawaban teman atau bertanya pada teman bahkan meminjam lembar jawaban teman, menggunakan komunikasi lewat gadget.

Inilah hasil-hasil kreativitas orang yang melakukan mencontek secara tidak jujur :

Melihat pekerjaan teman secara sembunyi-sembunyi

Melihat pekerjaan teman secara sembunyi-sembunyi

Melihat buku secara  diam-diam.

Melihat buku secara diam-diam.

Membuat catatan di anggota badan.

Membuat catatan di anggota badan.

Membuat catatan di anggota badan.

Membuat catatan di anggota badan.

Membuat catatan di anggota badan.

Membuat catatan di anggota badan.

Membuat catatan rahasia yang disembunyikan.

Membuat catatan rahasia yang disembunyikan.

Memanfaatkan gadget.

Memanfaatkan gadget.

Memanfaatkan gadget.

Memanfaatkan gadget.

Jangan lupa mencontek juga ada efek sampingnya lho ya, selain tentunya mungkin mendapatkan nilai yang bagus.

Efek negatif mencontek, banyak sekali lho....

Efek negatif mencontek, banyak sekali lho….

Selamat menempuh ujian, semoga hasilnya bagus, meskipun tidak mencontek……

Iklan

2 responses »

  1. neax502 berkata:

    itu masih cara2 tradisional pak. Saya pernah melihat cara2 yang lebih modern, tepatnya di ujian mid kimia bahan pangan tahun 2009, waktu itu banyak yang nyontek dengan cara googling lewat hp dan terang2an pula (pengawasnya hanya di luar, biasa ngerumpi).

    tahun 2011 pas uas kimia heterosiklis kemarin saya juga melihat teman sebelah nyontek dengan cara melihat catatan di hp, padahal waktu itu kami duduk di deretan bngku depan lho.

    mencontek itu menurut saya ciri orang yang tersesat di kuliah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s