Tahun 2002

 2 November 2002
Berpartisipasi sebagai penyaji makalah pada Seminar Nasional Kimia XI, yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia FMIPA UGM. Makalah yang disajikan berjudul:

  1. Analisis Perlindungan Sinar UV Secara In Vitro dan In Vivo dari Beberapa Senyawa Alkil Sinamat Hasil Kondensasi Benzaldehida Tersubstitusi dan Alkil Asetat
  2. Analisis Hubungan Kuantitatif Antara Struktur dan Aktivitas Fungisida Turunan 1,2,4-Thiadiazolin Berdasarkan Parameter Elektronik Hasil Perhitungan Metoda AM1 dan PM3 (oleh Dr Mudasir)
  3. Analisis Porosimetri dan XRD Pada Proses Interkalasi Azobenzena Ke Dalam Ruang Antar Lapis Na-Montmorilonit (oleh Irma Aryanti)
  4. Penentuan Keasaman Permukaan Montmorilonit Terpilar Cr2O3 (oleh Sekarjati Listyaninginsih)
  5. Karakterisasi Lempung Montmorilonit Terpilar Cr2O3 Sebagai Material Inang Senyawa Azobenzena (oleh Rambat)

26 Oktober 2002
Berpartisipasi sebagai penyaji makalah pada Seminar Nasional Pendidikan MIPA – UNNES, yang diselenggarakan oleh Fakultas Kependidikan MIPA, Universitas Ngeri Semarang. Makalah yang disajikan berjudul:

  1. Introduksi Materi Terkait Internet Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Kimia Sebagai Alternatif Pemenuhan Informasi Kimia
  2. Pengelolaan Dan Implementasi Material Safety Data Sheet (MSDS) Pada Riset Mahasiswa Untuk Mendukung Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Laboratorium

21 September 2002
Sebagai peserta pendengar pada Seminar Dies Natalis FMIPA UGM, Fakultas MIPA UGM. Menjadi anggota penulis untuk makalah berjudul: Kajian Hubungan Kuantitatif Struktur Aktivitas Antiplasmodium Senyawa Turunan 1,10-Fenantrolin (yang dipresentasikan oleh Fajrian Azra).

31 Juli – 2 Agustus 2002
Sebagai peserta aktif pada Pelatihan Kimia Komputasi “Molecular Dynamics Simulation”, AIC UGM, Yogyakarta.

30 Juli 2002
Sebagai peserta aktif pada International Workshop on Primary Health Care Base on Ethics and Technologycal, Kerjasama PEMDA Propinsi DIY dan ASEA Uninet, Yogyakarta.

28 Mei 2002
Sebagai peserta pendengar pada Seminar Nasional Kimia Fisik X, Jurusan Kimia FMIPA UGM. Menjadi anggota penulis untuk makalah berjudul: Analisis Multivariat Hubungan Kuantitatif Struktur dan Titik Didih Berbagai Jenis Senyawa Organik (yang dipresentasikan oleh Muzakki Yapin).

11 April 2002
Sebagai peserta pada Seminar Analisis XRD dan Aplikasinya, Jurusan Kimia FMIPA UGM, Yogyakarta.

4-5 April 2002
Sebagai narasumber pada kegiatan Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja – LPM Widya Mulya, Jogjakarta. Materi yang diberikan dengan topik Interpretasi dan Pemanfaatan Lembar Data Keamanan Bahan (MSDS).

 

Tahun 2001

 12-13 September 2001
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Manajemen Laboratorium (Tipe A), Proyek QUE FMIPA – UGM, Jogjakarta.

10-11 September 2001
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Manajemen Laboratorium Kimia Tipe B Angkatan II, Proyek QUE Kimia UGM, Yogyakarta.

8-9 September 2001
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Manajemen Laboratorium Kimia Tipe A Angkatan I, Proyek QUE Kimia UGM, Yogyakarta.

14-15 Juni 2001
Berpartisipasi sebagai penyaji makalah pada Seminar Nasional Kimia Fisik II, yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Indonesia, Jakarta. Makalah disajikan secara oral dengan judul : Desain Senyawa Tabir Surya Turunan Isoamil Sinamat Berdasarkan Pendekatan QSAR

21 Mei 2001
Sebagai peserta pada Seminar Nasional Kimia IX 2001, Jurusan Kimia FMIPA UGM, Yogyakarta.

17 Mei 2001
Sebagai peserta pada Seminar MSDS dan Safety Data Labelling, Jurusan Kimia FMIPA UGM, Yogyakarta. Kegiatan bertempat di Gedung LAKFIP UGM.

19-23 Februari 2001
Sebagai peserta aktif pada Pelatihan Kimia Komputasi Chemometrics and Protein Docking, AIC UGM, Yogyakarta.

14-15 Februari 2001
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Manajemen Laboratorium Kimia Angkatan I, Proyek QUE Kimia UGM, Yogyakarta.

9-12 January 2001
Sebagai peserta aktif pada Workshop on Atomic Absorption Spectrometry, Proyek QUE Kimia UGM, Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Gedung PSLH-UGM.

8-15 Januari 2001
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Komputer Teknisi Laboratorium Kimia Angkatan I, AIC dan Proyek QUE Kimia UGM, Yogyakarta.

 

Tahun 2000

 8 Desember 2000
Memberikan presentasi makalah pada Seminar Sehari Kimia Komputasi , yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia FMIPA UGM, dengan judul : Lingkup Penelitian dan Trend Riset QSAR/QSPR : Peluang Riset Kimia Komputasi di Indonesia

18 November 2000
Mengirimkan makalah pada Seminar Nasional Kimia Fisik I, MKFI, Malang. Presentasi dilakukan oleh Ir. Sahirul Alim, M.Sc. Judul makalah : Terapan Analisis Hansch pada Hubungan Struktur dan Toksisitas Senyawa Fenol Berdasarkan Parameter Teoritik.

13 November 2000
Sebagai Instruktur pada Penataran Kimia Komputasi Guru-guru Kimia se-DIY, AIC UGM, Yogyakarta. Materi yang disajikan adalah : Pemodelan Molekul untuk Pembelajaran Senyawa Kompleks.

14 Oktober 2000
Berpartisipasi sebagai penyaji makalah pada Seminar Nasional Kimia , yang diselenggarakan atas kerjasama UNNES dan Jurnal Nusantara Kimia, Semarang. Makalah disajikan secara oral dengan judul : Hubungan Kuantitatif Struktur Elektronik dan Karakter Aroma Senyawa Alkil Nitrobenzena

2-7 Oktober 2000
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Komputer Mahasiswa Kimia Angkatan VI, AIC dan Proyek QUE Kimia UGM, Yogyakarta.

24 September 2000
Sebagai peserta pada Seminar Nasional Komputer II, UPT Puskom UGM, Yogyakarta.

18-23 September 2000
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Komputer Mahasiswa Kimia Angkatan V, AIC dan Proyek QUE Kimia UGM, Yogyakarta.

7 September 2000
Sebagai peserta pada Seminar Nasional Kimia Analitik 2000, Jurusan Kimia FMIPA UGM,Yogyakarta.

4-9 September 2000
Sebagai narasumber pada Pelatihan Komputer Mahasiswa Kimia Angkatan IV, AIC dan Proyek QUE Kimia UGM, Yogyakarta.

4 September 2000
Sebagai panitia dan peserta pada 2nd South-East Asian Seminar on Photobiology in The Tropics, Yogyakarta.

14-26 Agustus 2000
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Kimia Komputasi Dosen Indonesia Bagian Timur, AIC UGM, Yogyakarta.

28-30 Maret 2000
Mengikuti Seminar Nasional XVII Tumbuhan Obat Indonesia, sebagai penyaji makalah. Kegiatan diselenggarakan atas kerjasama Pokja Tanaman Obat Indonesia dan Universitas Padjajaran. Judul makalah yang disajikan adalah sebagai berikut :

  1. Kajian Spektrum Elektronik Berbagai Senyawa Isoamil Sinamat dan Turunannya
  2. Sintesis Senyawa Tabir Surya p-Metoksi Isoamil Sinamat dari Bahan Dasar Minyak Fusel dan Minyak Adas (oleh Tri Joko Raharjo, M.Si.)

29 Februari 2000
Sebagai peserta pada Seminar Focus Group Discussion – Litbang harian KOMPAS, , bertempat di Hotel Santika Yogyakarta.

21-24 Februari 2000
Sebagai Instruktur pada Pelatihan Kimia Komputasi QSAR, AIC-UGM, Yogyakarta.

26 Februari 2000
Berpartisipasi sebagai penyaji makalah pada Seminar Nasional Kimia Fisik , yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia FMIPA UGM Yogyakarta. Makalah disajikan secara oral dengan judul : Prediksi Tipe Senyawa Tabir Surya Isoamil Sinamat, Tersubstitusi Menggunakan Perhitungan Kimia Komputasi Spektroskopi UV

19 Februari 2000
Sebagai peserta pada Seminar Perbandingan Kurikulum Kimia, Jurusan Kimia FMIPA UGM,Yogyakarta.

Tinggalkan komentar