6-8 Desember 2007
Mewakili FMIPA UGM pada TOT Pembimbing Penalaran Mahasiswa Wilayah B, DIKTI Depdiknas RI, di Wisma MM UGM.

4-6 Desember 2007
Sebagai utusan PSLH UGM pada acara Parallel Event UNFCCC, Seminar dan Lokakarya Perubahan Iklim, Badan Koordinasi Pusat Studi Lingkungan Indonesia, Denpasar. Seminar dan Pameran ilmiah di hotel Inna Bali, Denpasar tanggal 4-5 Desember.
Penyampaian nota dukungan bakor PSLse-Indonesia dan pameran UNFCC di Nusa
Dua, tanggal 6 Desember 2007.
Selain itu atas nama PSLH menyajikan beberapa poster hasil kegiatan pengelolaan lingkungan oleh Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM.

28 November 2007
Menjadi narasumber pada pelatihan Manajemen Pengelolaan Limbah B3 di Lingkungan BBLKKP, Kerjasama PSLH UGM dan Balai Besar Litbang Kulit, Karet dan Plastik, Departemen Perindustrian, Yogyakarta RI, di Yogyakarta. Pembicara bersama Dr. Eko Sugiharto dan Dra. Endang Astuti M.Si.

10 November 2007
Melaksanakan dan menjadi narasumber pada workshop Evaluasi dan Rancangan Sistem Penilaian Praktikum Kimia Tahun Pertama di UGM, Laboratorium Kimia Dasar FMIPA UGM, Yogyakarta. Pembicara lainnya : Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si dan Deni Pranowo, M.Si.

10 November 2007
Mengikuti Lokakarya Sehari Pemberdayaan Energi Baru yang Terbarukan, yang diselenggarakan oleh Jurusan Fisika, FMIPA UGM, Yogyakarta

10 November 2007
Diskusi dan pendampingan kelompok PKK Perumahan Nogotirto I, Sleman DIY tentang Pengelolaan Sampah Domestik melalui upaya 3R.

5-13 November 2007
Sebagai dosen pembimbing lapangan pada Pelatihan Audit Lingkungan Angkatan ke 12, PSLH UGM, Yogyakarta, bersama dengan Dr. Endang Tri Wahyuni, M.Si. dan Dra. Endang Astuti, M.Si. Praktek bertempat di Unit Produksi Balai Besar Kulit, Deperindag, Piyungan, Bantul.

6-8 November 2007
Mengikuti upaya peningkatan mutu pengajar pada Workshop Student Assessment, P3I UGM, Yogyakarta.

22 September 2007
Aktif sebagai reviewer internal pada Pelatihan Basic Academic Writing Skills, Proyek DUE LIke UGM, Yogyakarta

8-9 September 2007
Sebagai narasumber pada Pelatihan Manajemen Laboratorium Kimia Tipe B Angkatan XII, Jurusan Kimia UGM, Yogyakarta

8 September 2007
Memberikan pembekalan mahasiswa baru S1 kimia pada acara Sadamika KMK Jurusan Kimia FMIPA UGM, di Wisma Bethesda, Kaliurang tentang “Kiat Sukses Menempuh Kuliah di Jurusan kimia FMIPA“.

6 September 2007
Diundang sebagai pembicara pleno pada Seminar Nasional CRSD-UIN Sunan Kalijaga, di hotel Sahid Raya, Yogyakarta, membicarakan makalah berjudul “Kebijakan Pengembangan Industri, Kesempatan Kerja dan Lingkungan Hidup“.

4 September 2007
Diundang sebagai narasumber dan pendamping pada program pengabdian pada masyarakat melalui program KKN Tematik di Kalikajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Materi meliputi Teori dan Praktek Pengelolaan Sampah Domestik.

20-25 Agustus 2007
Mewakili Jurusan Kimia FMIPA UGM pada Pelatihan Bimbingan Teknis Penyusunan Sistem Mutu Laboratorium sesuai SNI 90-17025 (Level 3-4), Bapepalda, Yogyakarta 20-25 Agustus 2007 . Level 1 – 3 sudah pernah diikuti tahun 2006.

13-15 Agustus 2007
Memberikan materi pada Pelatihan Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Limbah B3, angkatan ke 7, PSLH UGM, Yogyakarta dengan judul : (1) Penggunaan MSDS guna pengelolaan B3 dan (2) Manajemen Pengelolaan B3 – Konsep CM-GTZ, Pelatihan Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Limbah B3. Sekaligus sebagai dosen pendamping lapangan dengan lokasi praktek di Industri kulit PT Adi Satria Abadi, Piyungan Bantul.

7-9 Agustus 2007
Memberikan materi pada Pelatihan Pengendalian Pencemaran Lingkungan Angkatan ke 9, PSLH UGM, Yogyakarta dengan judul : (1) Pengelolaan Limbah Padat Domestik dengan 3R Guna Pengendalian Pencemaran dan (2) Aspek Chemical management Guna Pengendalian Pencemaran. Sekaligus sebagai dosen pendamping lapangan dengan lokasi praktek di UKM penyepuhan logam (Kasihan, Bantul) dan WS Silver (Kotagede, Yogyakarta).

28 Juli 2007
Mengisi materi pengabdian pada masyarakat pada program KKN reguler di Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, tentang Teknologi Tepat Guna Pemanfaatan Limbah Cair Industri Tahu Rakyat.

25 Juli 2007
Diundang kembali oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup regional Jawa sebagai narasumber pada acara Penyuluhan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Kepada masyarakat di Pusat Satwa Jogjakarta, Kabupaten Kulonprogo DIY dengan materi Pengelolaan Sampah dengan 3R (Reuse, Reduce dan Recycle).

24 Juli 2007
Diundang oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup regional Jawa sebagai narasumber pada acara Penyuluhan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Kepada Dunia Usaha di Pusat Satwa Jogjakarta, Kabupaten Kulonprogo DIY dengan materi Penggunaan B3 (Bahan Beracun Dan Berbahaya) Pada Pertambangan Emas.

17-18 Juli 2007
Berpartisipasi sebagai narasumber pada acara diskusi dan praktek pengelolaan lingkungan bagi para kader masyarakat korban gempa bumi DIY di acara TOT Pelatihan dan Penyuluhan Pengelolaan Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan. Acara diselenggarakan di Wisma Joglo atas prakarsa MTGB – ACT. Materi yang disajikan adalah :
1. Pengelolaan persampahan
2. Teknologi Tepat Guna Pengolahan Persampahan.

24-29 Juni 2007
mewakili PSLH UGM pada Pelatihan Training of Trainer Penilai AMDAL Bagi Pengambil Keputusan Pada Perguruan Tinggi 2007, Pusdiklat Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Serpong, Tangerang. Hasil ketekunan dan partisipasi aktif diujudkan dengan mendapatkan penghargaan prestasi terbaik ke III.

15 Juni 2007
Berpartisipasi pada Seminar Nasional MIPA dan Aplikasi dalam Industri, yang diselenggarakan oleh Fakultas MIPA, UKSW, Salatiga. Presentasi yang disajikan berjudul :
1. Pemodelan Molekul Senyawa Mycosporine-Like Amino Acids (MAAs) Sebagai Senyawa Penyerap Sinar UV (oral)
2. Sintesis Aditif Semen g-Ca2SiO4 dari Abu Sekam Padi dengan Variasi Temperatur Pengabuan dan Pengaruh Pencucian Abu Sekam Padi (poster oleh Aina, H., dkk)
3. Hubungan Kuantitatif Struktur Molekul dan Aktivitas Modulator Reseptor Asetilkolin Nikotinik a4b2 : Pengaruh Pemodelan Molekul Berbasis Perhitungan Semipempirik MNDO (poster oleh Panggarjito, D.,)

10 Juni 2007
Diskusi dan penyuluhan “Pengelolaan Sampah Terpadu“, Penyuluhan Masyarakat di Kanoman, Gamping Sleman

5-12 Juni 2007
Menjadi dosen pembimbing lapangan pada Pelatihan Audit Lingkungan Angkatan ke 11, PSLH UGM, Yogyakarta.

24-26 Mei 2007
Sebagai panitia, pembicara dan pendukung acara International Conference on Chemical Sciences (ICCS-2007), Yogyakarta. Event ini merupakan kerjasama antara Jurusan Kimia FMIPA UGM dan School of Chemical Science, USM Penang Malaysia, bertempat di Gedung Pascasarjana UGM Yogyakarta. Sebagai wakil sekretaris cukup banyak kegiatan sebelum dan sesudah acara. Sebagai penyaji makalah, tercatat ada beberapa naskah yang melibatkan nama saya adalah sebagai berikut :
1. Heme Polymerization Inhibitory Activity (HPIA) of N-alkyl and N-benzyl-1,10-Phenanthroline Derivatives (oral oleh Wijayanti M.A., Dr.)
2. Controlling Size and Shape of Zn-Al-PAB Layered Double Hydroxide (oral oleh Roto, Dr.)
3. The Use of Ash of Palm Empty Fruit Bunches as a Source Base Catalyst (K2CO3) for Synthesis of Biodiesel from Coconut Oil with Methanol (oral oleh Joeswono, M.Si.)
4. Application of Principal Component Regresion for Quantitative Electronic Structure and Activity Relationship Analysis of Antiradical of Substituted Flavone / Flavonol (oral)
5. Quantitative Structure Activity Relationship (QSAR) Analysis of The a4b2 Nicotinic Acetylcholine Receptor Modulator (poster)
6. Protectif Effect of HGT Zn-Al-PABA Derivatives In Vitro on Viability of Human Keratinosit Culture Cells Induced by Ultraviolet ((oral oleh Indrayani, A.W. M.Kes.)

21 Mei 2007
Menjadi dosen pendamping kelompok mahasiwa dalam Workshop Pembuatan Proposal Riset yang Baik, FMIPA UGM.

12 Mei 2007
Diundang Lembaga Studi Inter Sains BEM FMIPA UGM untuk mengisi Pelatihan Penulisan PKM dengan membawakan materi berjudul “Pengenalan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Peluang Mahasiswa MIPA”.

5 Mei 2007
Diundang Seksi Ilmiah KOPMA UGM untuk mengisi Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dengan membawakan materi berjudul “Kreatif Menggali Ide-ide Karya Ilmiah yang Menarik”.

13-14 April 2007
Menghadiri Sarasehan Nasional Kearifan Lingkungan, PPLH-Regional Jawa, bertempat di hotel Saphir Yogyakarta.

27 Februari – 2 Maret 2007
Terpilih sebagai peserta pada Workshop Pengenalan Praktek Laboratorium yang Benar, Kerjasama Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LLPT – UGM) dan PT Chevron Indonesia

28 Februari 2007
Diundang Departemen Pekerjaan Umum – Satker PKPPD – DIY, sebagai narasumber pada Seminar Evaluasi Kegiatan Pelatihan Tenaga Penggerak Masyarakat bidang Persampahan dengan materi Teknik-teknik Pengelolaan Persampahan.

25 Februari 2007
Mengisi Pelatihan Metodologi Riset Lembaga Studi Inter Sains BEM FMIPA UGM, Jogjakarta dengan topik “Peluang Mahasiswa MIPA pada Program Kreativitas Mahasiswa Penulisan Karya Ilmiah (PKMI)”.

23 Januari 2007
Menyelenggarakan dan berpartisipasi aktif pada Workshop Safety in Laboratory, Kerjasama Laboratorium Kimia Dasar Jur. Kimia FMIPA UGM dan PT Merck Indonesia, Yogyakarta

16 Januari 2007
Menghadiri Workshop Indonesian Network for Technology Industry-Matching, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Tinggalkan komentar