Algoritma adalah alur berpikir yang runtut yang biasa digunakan oleh para matematikawan atau ahli sains teoritik untuk melakukan pemodelan atau penyelesaian masalah saintifik. Algoritma ini disusun mulai dari awal sampai akhir dan kadang terjadi iterasi proses yang runtut sehingga data awal diperlakukan sesuai proses yang dijalankan sampai diperoleh hasil akhir yang diberikan oleh pemrosesan itu. Dengan kemajuan teknologi komputasi maka algoritma ini dapat disusun menjadi suatu program untuk kemudian diproses dengan menggunakan komputer. Algoritma ini biasanya dapat dimudahkan dengan menggunakan skema alur program.

Untuk soal algoritma ini ternyata merambah banyak aspek dan bidang kajian. Mulai dari kalangan sains murni sampai sains terapan banyak yang menggunakan algoritma ini untuk membantu kajian mereka.

Sampul album The Beatles - Hey Jude

Sampul album The Beatles - Hey Jude

Ada satu temuan yang menarik bahwa grup band jaman dulu, The Beatles, ternyata juga dapat menghasilkan satu alur proses yang menarik dalam lirik lagu ciptaannya. Alur yang menyerupai algoritma ini dijumpai dalam lagu Hey Jude yang terkenal itu.
Lagu yang dinyanyikan John Lennon ini ternyata memiliki lirik lagu yang dapat disusun dalam suatu algoritma yang jelas. Hal ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Algoritma dalam lirik lagu Hey Jude - The Beatles

Algoritma dalam lirik lagu Hey Jude - The Beatles

Sebagai perbandingan maka pembaca dapat menerjemahkan algoritma ini untuk lirik lagu selengkapnya seperti pada bagian berikut.

Lirik lagu Hey Jude - format biasa.

Lirik lagu Hey Jude - format biasa.

Jadi bagi para ahli programming komputer atau sains teoritik lainnya yang sering bekerja dengan otak kiri dalam beraktivitas, dapat saja meniru langkah ini. Buatlah suatu syair puisi atau lagu dengan lirik yang memiliki algoritma yang nyata. Kalau sudah berhasil seperti ini maka dijamin otak kanan anda pun ikut bekerja dalam rangka keseimbangan fungsi otak anda.

 

Selamat menikmati Hey Jude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s